Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam kehidupan ini, dipastikan setiap orang pernah merasakan sakit, ada yang sakit ringan sampai dengan yang sakit yang berat.

Sakit identik dengan perih, duka, susah, dan berbahagai perasaan yang tidak enak lainnya. Tentu setiap orang tidak menginginkan sakit. Akan tetapi ada kiranya seorang dari anggota keluarga kita, sahabat, ataupun tetangga kita yang sakit, di saat kita sendiri sehat, tentu kita sebaiknya menjenguk orang lainnya yang sedang sakit tersebut dengan membawa oleh-oleh semampu kita yang sekiranya dapat dimakan oleh yang sedang sakit.


Dengan menjenguk orang sakit, kita telah melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi jiwa kita, di mana dengan menjenguk orang yang sakit, pelajaran hidup akan kembali kita dapatkan yakni akan pentingnya mensyukuri segala nikmat yang tak ternilai harganya bila dibandingkan dengan melimpahnya materi, yakni nikmat kesehatan itu salah satunya.

Selain itu, hikmah lain saat menjenguk orang sakit sesuai dengan sabda Rasulullah Saw. Sebagai berikut : “Siapa saja menjenguk orang sakit atau mengunjungi sadaranya karena Allah, maka malaikat berseru, ‘Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga’ “(HR.Tirmidzi, dari Abu Hurairah r.a).

Saat kita menjenguk orang yang sedang sakit sebaiknya ucapan serta sikap kita benar-benar kita jaga agar tidak menambah beban orang yang sedang sakit, misalnya : berbicara sopan dan lembut, memberikan motivasi agar kembali sehat sekaligus mendo’akan orang yang sedang sakit semoga diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.


Bahkan dalam suatu kesempatan, saya sendiri mengunjungi seorang teman tua ayah saya yang sudah saya anggap seperti kakek saya sedang sakit, senyum beliau tampak merekah sembari mengucapkan “Terimakasih sudah mengunjungiku yang sedang sakit lumpuh ini nak…, mumpung saya masih hidup”. Sungguh miris dan haru rasanya ketika mendengarnya.

Banyak hal yang membuat saya tersentuh, bukan hanya beliau, saya pun senang ketika masih melihat senyum, canda, serta tawanya masih segar ketika beliau masih sehat dulu. Semoga Allah segera memberikan kesembuhan kepada kakek dan cobaan sakit ini menjadikan gugurnya dosa-dosanya serta sebagai pelajaran berharga bagi kita semua yang saat ini kebetulan dalam keadaan sehat wal’afiat. Aamiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment