Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Orang tua kandung kita sampai kapanpun tak akan pernah tergantikan oleh siapapun juga. Terlebih ibu kandung kita, tak mungkin waktu kembali lalu kita dilahirkan kembali dengan seorang ibu lainnya. Tak kalah pentingnya juga peran ayah kita sebagai pilot rumah tangga yang bertanggung jawab penuh pada navigasi, keselamatan, dan juga keberlangsungan hidup dari seluruh penumpangnya dalam hal ini tentu saja salah satunya adalah kita sebagai anggota keluarganya.

Seluruh hidup mereka pun dipertaruhkan demi anaknya, kasih sayangnya tak akan pernah lekang oleh waktu dan keadaan. Mereka akan selalu mencurahkan air mata penghias do’a-do’a mereka untuk kebahagiaan hidup seluruh anak-anaknya.

Tentu saja hal ini harus menjadi hal yang tidak boleh kita sia-siakan terlebih bagi kita yang kebetulan kedua orangtuanya masih hidup. Walaupun kita saat ini sudah berkeluarga namun bhakti anak kepada kedua orang tua tidak boleh kita lupakan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam rangka berbuat baik kepada orang tua di saat kita sudah menikah, sudah berkeluarga, atau bahkan juga sudah memiliki anak di antaranya :

1.   Tetap mendengar nasehat orang tua, tidak membantah meskipun berbeda prinsip, akan tetapi tetap menghormati nasehat-nasehat tulus mereka. Tentu saja selanjutnya akan kita pertimbangkan bagaimana mengambil langkah-langkah tepat yang baik tanpa harus menyakiti hati mereka.

2.   Membantu secara ekonomis semampu kita dengan persetujuan pasangan hidup kita, tanpa menutup-nutupinya. Dan jika perlu jika kita kebetulan memiliki rezeki yang berlebih sisihkan kepada orang tua kita dan juga mertua kita sejumlah nominal yang sama ataupun membelikan sesuatu yang sama dan senilai pula. Ini penting untuk menjaga keharmonisan bukan hanya pada keluarga kecil kita akan tetapi juga antar kedua belah pihak keluarga besar antar besan.

3.   Sempatkan berkomunikasi secara rutin kepada orang tua, baik terkait masalah ekonomi, kesehatan, kabar lain, dan jika perlu selalu minta nasehat dan do’a pada mereka di setiap akhir sesi komunikasi.

4.   Jangan pernah menyalahkan apapun yang telah dilakukan kedua orang tua kepada kita di masa lalu, percayalah itu semua dilakukan mereka dulu memiliki tujuan yang baik bagi kita.
                                                                                                                        
Dan selain beberapa hal yang telah saya uraiakan di atas, masih ada beberapa hal lain yang intinya keluarga kita yakni pasangan hidup kita, dan juga bagi anak kita, hubungan baik tetap terjalin. Minimal jikapun kebetulan saat ini kita belum bisa membantu meringankan beban kedua orang tua kita karena keadaan kita pun sedang mengalami kesulitan, namun setidaknya kita tidak menambah beban pikiran kedua orang tua kita dengan menyampaikan alasan-alasan jujur yang logis, serta tidak mengesampingkan cara berkomunikasi yang baik kepada kedua orang tua kita atapun mertua kita. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment