Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Adakalanya pekerjaan-pekerjaan yang harus kita selesaikan dalam sebuah kesempatan yang terbatas dengan kuantitas pekerjaan yang terlalu banyak alias menumpuk. Hal ini biasa terjadi pada beberapa orang penting dalam sebuah bidang pekerjaan, organisasi, hingga dalam lingkungan terkecil seperti halnya keluarga.

Tentu saja dikarenakan terlalu banyak dan kompleksnya pekerjaan-pekerjaan itu maka pada saat deadline (batas akhir) dari pekerjaan itupun kita masih belum dapat menyelesaikannya. Namun daripada itu, untuk melakukan setiap pekerjaan yang diamanahkan / dipercayakan kepada kita tersebut tetap kita lakukan dengan semaksimal mungkin dengan tetap melakukan satu demi satu tugas dengan hasil kinerja yang hasilnya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena berhasil  dengan tuntas dan berkualitas.



Berikut beberapa tips bagaimana cara mengelola pekerjaan yang menumpuk agar tidak stress, di antaranya sebagai berikut :

1. Lakukan penyelesaian pekerjaan dengan skala prioritas, lakukan dari yang terpenting sekaligus memiliki batas waktu penyelesaian tugas yang paling dekat duluan.

2.  Pada setiap sesi pekerjaan lakukan dengan semaksimal mungkin berdasarkan aturan / ketentuan yang berlaku, sumber data yang akurat, dan lain sebagainya.

3.  Hargai diri-sendiri dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, agar pada setiap sesi pelaksanaan tugas ataupun pekerjaan memiliki kualitas yang baik karena dilakukan dengan fokus dan energi yang sepadan.

4. Jikapun tak sanggup benar dalam menerima tugas dikarenakan sudah melebihi kemampuan kita (bukan karena tak mampu, akan tetapi karena waktu yang terbatas), maka di lain waktu nantinya, jangan ragu untuk mengatakan secara tegas dan jelas agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang.

Demikian tips dalam mengelola pekerjaan yang menumpuk agar tidak stress dan tentunya hasil pekerjaan juga akan berkualitas. Semoga sukses selalu Sahabat… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment