Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Untuk mengetahui kompetensi seorang peserta didik ataupun peserta lomba tentu dibutuhkan penilaian yang objektif oleh tim penilai ataupun juri yang nantinya akan menentukan siapa yang benar-benar layak untuk mendapatkan nilai terbaik.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit tips / cara bagaimana agar tampilan kita dapat optimal dalam mempresentasikan hasil karya kita dalam ajang kompetensi / lomba. Dalam hal ini akan saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi saat mengikuti lomba guru favorit tingkat provinsi jambi yang diselenggarakan sebuah media pada tahun 2014 yang lalu.
Selain itu juga berdasarkan pengalaman pribadi saat mengikuti final lomba Website Sekolah dan Blog Guru pada gebyar TIK Provinsi Jambi di tahun 2013 dan di tahun 2014 yang lalu. Kebetulan pada dua tahun berturut-turut tersebut admin masih mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Kabupaten Tebo dalam kategori Website Sekolah jenjang SMP dan Blog Guru.

Beberapa hal yang dapat diambil manfaat positifnya dalam meraih hasil yang optimal dalam presentasi karya dalam lomba di antaranya adalah :

1.   Buatlah karya yang sportif.

2.   Percaya diri. Jangan pernah mengecilkan apapun karya kita, syukuri yang ada lalu tampillah seakan-akan karya Anda adalah yang terbaik.

3.   Sesuaikan gambar tampilan karya serasi dengan penjelasan yang Anda sampaikan. Jangan sampai Anda saat mengatakan sesuatu yang dalam slide hasil karya Anda tidak tercantum hal itu.

4.  Perhatikan durasi waktu. Sampaikan secara berurutan, sistematis, dan komprehensif, jika perlu persingkat penjelasan Anda, ulas poin-poin ataupun pendukung yang penting-penting saja. Jangan sampai durasi tampil Anda habis, akan tetapi uraian dari Anda belum tuntas.

5.   Akhiri dengan penutup yang terkesan rendah hati tapi tidak rendah diri.

Dan pada akhirnya dalam setiap hasil karya yang baik akan selalu menginterpretasikan si pembuatnya yang bertanggung jawab, sehingga setelah lomba nanti Anda akan mendapatkan sesuatu yang luar biasa untuk motivasi maju ke depan.

Jadilah pribadi terbaik yang selalu fokus pada kemajuan diri sendiri tanpa menjatuhkan orang lainnya. Seperti halnya pelari yang hebat ia akan selalu memperhatikan kaki dan pandangannya lurus ke depan, ia tidak sibuk memperhatikan pelari lainnya.

Karena yang sejatinya pemenang adalah mereka-mereka yang mampu mengendalikan dirinya sendiri, jujur, bertanggung jawab, dan selalu mau memperbaiki diri serta selalu mau berbesar hati dalam menerima apapun keputusan dari penilai ataupun dewan juri, karena ini akan menjadi investasi baru yang tentunya akan dapat dijadikan bekal pembelajaran untuk lebih baik ke depannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment