Keindahan dan Kemegahan Masjid Terbesar di Hongkong
Kowloon Mosque (photo:tripadvisor)
Di Hong Kong terdapat sebuah masjid megah dan terbesar. Nama masjid tersebut adalah Kowloon Mosque & Islamic Center. Masjid ini memiliki bangunan besar dengan empat menara yang menonjol karena warna dan arsitekturnya. Berbentuk persegi dengan atap merah muda dan dihiasi kubah di atasnya.

Kowloon Mosque terletak di di Jalan Nathan, Tsim Sha Tsui, yang merupakan distrik yang dihuni banyak umat Muslim. Umat muslim tersebut berasal dari berbagai negara seperti Pakistan, selatan Asia maupun Afrika.

Masjid ini dirancang oleh arsitek IM Kadri dan sejak dekade 1800-an bangunannya dapat menampung sekitar 3.000 orang. Trotoar dan lantai bangunan terbuat dari marmer putih. Masjid inipun dihiasi dengan 4 menara yang masing-masing memiliki ketinggian sama 11 meter dan menandai sudut-sudut bangunan.


Bagian ruangan masjid

Kowloon Mosque

Di bangunan masjid ini terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruang doa, ruang komunitas, klinik medis dan perpustakaan. Ruang terdiri dari dua bagian yaitu ruang doa utama yang dapat menampung 1.000 orang. Dan ruang doa khusus perempuan yang sengaja dibuat lebih kecil dan berada di lantai dua yang dikelilingi teras pink. Di bagian atas terdapat kubah setinggi lima meter dengan diameter sembilan meter tingginya.

Masji ini hanya diperbolehkan untuk umat muslim yang ingin memanfaatkan fasilitas masjid. Sedangkan yang non muslim tidak diizinkan masuk.

0 komentar:

Post a Comment