Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam aktivitas mengelola blog yang biasanya sesekali alias dilakukan pada saat-saat tertentu ketika ada waktu luang / kesempatan yang tentu saja didukung dengan fasilitas / sarana seperti adanya komputer PC / laptop dan juga tersedianya akses internet untuk online.

Jika seseorang tidak memiliki hobi blog tentu saja ngeblog bukanlah sesuatu yang menarik, akan tetapi cenderung menikmati untuk membaca beberapa blog tertentu saja. Akan tetapi bagi seorang blogger membaca dan menulis pada media offline dan juga media yang berbasis online merupakan dua aktivitas yang tidak akan pernah lepas jika ingin memiliki kualitas konten yang disajikan pada blognya berkualitas.

Salah satu contohnya ketika seorang blogger akan mempublikasikan sebuah artikel, terlebih yang berkaitan dengan kebijakan publik, ataupun informasi yang diperuntukkan untuk khalayak umun pastinya telah browsing terlebih dahulu ke situs website ataupun blog lain setidaknya untuk pertimbangan, masukan, ataupun referensi artikel, hingga pada akhirnya memutuskan layak tidaknya sebuah karya tersebut dipublikasikan.


Menurut pendapat saya, ada beberapa kriteria blogger di antaranya menulis biografi ataupun hal-hal yang berkaitan dengan blogger itu sendiri, menulis panduan / tutorial sebuah program / aplikasi software tertentu, menulis tentang tempat-tempat dan kejadian unik tertentu, hingga menulis informasi-informasi publik lainnya.

Dan tentu saja setiap langkah yang diambil oleh seseorang dalam hidupnya memiliki tujuan utama, begitu juga dengan seorang blogger, di antaranya :

1.   Mendapatkan tempat yang tepat untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya melalui tulisan yang dipublikasikan melalui media online blognya.

2.   Berbagi tips, triks, dan informasi bagi umum.

3.   Sebagai sarana menjalin pertemanan dengan orang-orang baru yang sevisi dengan konten blognya.

4.   Sarana bisnis online untuk menambah pendapatan secara ekonomi.

5.   Untuk mendapatkan reputasi yang baik untuk menunjang karier dan pengembangannya di dunia nyata.

6.   Sebagai sarana belajar program yang berkaitan dengan internet.

7.   Menjadikan blog sebagai sarana mengembangkan SDM-nya baik SDM khususnya skill / keterampilan dalam merangkai kata dalam bentuk tulisan.

8.   Dan lain-lain.

Dari beberapa tujuan ngeblog di atas, tentu saja tidak ada yang salah dengan tujuannya akan tetapi apapun tujuannya hendaknya semua norma ataupun aturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis senantiasa tidak diacuhkan begitu saja. Karena dampak positif ataupun negatifnya pasti akan dirasakan sendiri oleh blogger bersangkutan.

Sehingga blogger yang baik akan selalu konsisten dalam mengembangkan blognya bukan untuk tujuan yang sifatnya sementara akan tetapi blog sama halnya dengan tingkah laku yang dapat mewakili (sebagai cermin) karakter dari si empunya. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 komentar:

Post a Comment