Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Seringkali kita dengan kalimat bijak yang berkata “Hemat Pangkal Kaya” bukan? Tentu saja ini benar, akan tetapi bagaimana kita memaknai kalimat itu. Tentu saja hemat yang tepat yakni mengeluarkan sesuatu yang tepat dan sesuai (seimbang / balance) dengan pendapatan bersih kita.

Untuk hidup, seluruh manusia dipastikan memerlukan pemenuhan kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, skunder, hingga tersier. Dan dalam pola hidup yang sehat itu, yang menjadi orientasi pemenuhan kebutuhan pertamanya adalah yang primer (kebutuhan pokok/utama).

Lalu bagaimana kita belajar tepat untuk dapat hidup hemat tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Buat buku rencana belanja khusus yang mencerminkan kebutuhan pokok hidup Anda, berapa biaya keseluruhannya, dan berapa sisa akhir dari total pendapatan dikurangai dengan pengeluaran Anda.

2.  Setelah semua transaksi terjadi, buat catatan perhitungan seperti halnya buku bank pribadi. Lalu evaluasi kembali, jenis-jenis pembelanjaan barang ataupun jasa yang mana yang sesungguhya tidak perlu dikeluarkan, ini penting untuk dalam merealisasikan hidup hemat di bulan selanjutnya.

3. Jangan membeli barang-barang ataupun bahkan jasa yang sebenarnya belum kita butuhkan. Tentang gaya hidup itu secara otomatis akan menyesuaikan dengan sendirinya kelak dengan standarisasi kita.
4.   Kesampikan rasa “ingin” dalam mengeluarkan uang, namun fokuskan pada “butuh” apa kita sekarang, karena yang namanya butuh itu sifatnya harus segera dipenuhi, jika tidak maka akan mengganggu stabilitas kehidupan kita itu sendiri.

5.   Pastikan dalam setiap bulannya Anda dapat meningkatkan jumlah tabungan dengan jumlah yang lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Selain dengan menghemat, yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana usaha kita untuk meningkatkan produktifitas kita dalam menghasilkan uang, dan tentu saja bukan hanya dengan kerja keras, akan tetapi juga kerja cerdas. Semoga dengan selalu hidup dengan hemat serta dibarengi dengan upaya yang berkelanjutan untuk terus meningkatkan produktifitas dalam menghasilkan peningkatan pendapatan maka kelak kita akan benar-benar merasakan manfaatnya yakni dapat hidup kaya, bahagia, dan sejahtera. Aamiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment