Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam melakukan kegiatan penilaian  dan prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa berdasarkan sistem penilaian yang telah dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

Jenis penilaian yang dapat digunakan dalam system penilaian berbasis kompetensi, antara lain sebagai berikut :

1.   Kuis, bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang bersifat prinsip. Biasanya dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, kurang lebih 15 menit. Kuis dilakukan untuk mengungkap kembali penguasaan pembelajaran oleh siswa

2. Pertanyaan lisan di kelas, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan memperkuat pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teori.

3. Ulangan harian, adalah ujian yang dilakukan setiap saat, misalnya 1 atau 2 materi pokok selesai diajarkan.

4. Tugas individu, yaitu tugas yang diberikan kapan saja, biasanya untuk memeperkaya materi pembelajaran, atau untuk persiapan program-program pembelajaran tertentu.

5.   Tugas kelompok, yaitu tugas yang dikerjakan secara kelompok (5-7 siswa). Jenis tagihan ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja sama di dalam kelompok.

6. Ujian sumatif, yaitu ujian yang dilakukan setiap satu standar kompetensi atau beberapa satuan komptensi dasar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian adalah sebagai berikut :

a.  Untuk mengukur pencapaian kompetensi peseta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator,
b.   Menggunakan acuan kriteria,
c.   Menggunakan sistem penilaian berkelanjutan,
d.   Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut,
e.   Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran.

Demikian jenis-jenis penilaian serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment