Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Sejak tahun pelajaran 2012/2013 yang lalu, aplikasi Dapodik mulai dikenal oleh kita sekalian operator sekolah pada jenjang SD/SMP/SMPLB kala itu dan saat ini menggunakan versi 3.0.3, namun saat ini aplikasi Dapodik sudah digunakan juga untuk jenjang SMA/SMK/SMALB yakni aplikasi Dapodikmen yang saat ini sudah pada versi 8.1.4.

Dalam perjalanannya, saya sebagai operator Dapodikdas pada tingkat SD dan SMP, dan mulai tahun pelajaran 2014/2015 juga bertambah tugas sebagai operator Dapodikmen untuk SMK tentu saja berbagai kesan sudah sangat mendalam dalam hidup saya dan tentu saja dengan perjalanan ini tak akan terlupa sepanjang masa. Karena operator sekolah itu sering lembur bahkan terkadang di hari libur pun kita harus lembur. Belum lagi kesulitan demi kesulitan dalam proses input data maupun sinkronisasi pada awal-awalnya.

Namun kini, aplikasi Dapodik sudah dapat dikatakan hampir sempurna dalam performa aplikasinya, efisiensi dalam proses penggunaannya, efektifitas dalam feedback kebijakan pendidikannya, dan juga kualitas fungsi yang semakin komprehensif dari data-datanya. Dan tentu saja versi demi versi terupdatenya akan hadir dalam rangka semakin menyempurnakan dan membuat lebih baik dari segi apapun yang terkait aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) itu sendiri.


Pada tingkat pusat pun, Dapodik juga dianggap bukan hanya sekedar aplikasi dapodik bukan hanya pengumpul data, tapi juga pemersatu dalam dunia pendidikan bangsa Indonesia, sebagaimana dalam postingan Bpk. Yusuf Rokhmat (Admin Dapodik Pusat) melalui akun Facebooknya selengkapnya sebagai berikut :

Yang saya rasakan dan yakini sampai detik ini , aplikasi dapodik bukan sekedar aplikasi pengumpul data, tapi aplikasi pemersatu republik khususnya para pelaku pendidikan dari berbagai macam lapisan, relawan, sekolah, kabupaten / kota, provinsi, pusat dan pemangku kepentingan lainnya. Bahu-membahu membangun satu data berkualitas yang pada gilirannya mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Prinsip "FLOW and SHARE" adalah bagian strategi pengumpulan dan pendistribusian data agar segera dapat dimanfaatkan oleh berbagai pemangku kebijakan sesuai dengan Tugas dan Fungsi-nya. Tugas kita selanjutnya setahap lebih atas bagaimana menginterpretasikan data sebagai resources proses pengukuran-pengukuran keberhasilan, evaluasi dan indikator untuk menunjang kinerja dan capaian tujuan organisasi.

Respon cepat dan layanan prima dari para admin dan pengguna data dapodik sangat dituntut untuk mengatasi troubleshoooting guna memastikan "Bussines Process System" berjalan dengan lancar, operator sekolah bekerja dengan tenang. semoga ini salah satu bagian pemersatu bangsa.

Terimakasih para penggiat data yang telah bergabung dengan "KOMUNITAS BESAR" ini. ini bukan sekedar data, tapi alat pemersatu bangsa. Yakin apa yang sudah dan sedang kita kerjakan bahwa satu data bukan segalanya, tapi boleh jadi awal dari segalanya. Dari Gedung E lantai 5 pesan ini dipancarluaskan untuk para penggiat data pendidikan setanah air.

Bersama : Tagor Alamsyah Harahap Nazarudin Kompetan Edy Vanhoten Ibnu Aditya Karana Asha Roed Andhin. Salam Satu Data Berkualitas…! DAPODIK

Sumber gambar dan referensi artikel : Bpk. Yusuf Rokhmat

0 komentar:

Post a Comment