Webb Wartawan AS Pertama Yang Memeluk Agama Islam
photo:wikipedia
Jurnalis merupakan peran sangat penting dalam berbagi informasi. Mereka bahkan dapat mempengaruhi masyakarat dengan berita yang dikabarkan. Pada akhir abad ke-19 peran jurnalisme menjadi sangat penting dan efektif dalam memengaruhi masyarakat Amerika Serikat Kala itu. Dan salah satu jurnalis islam yang berpengaruh adalah Muhammad Alexander Russel Webb (1846 M-1916 M).

Seperti dilansir republika.co.id, Webb merupakan salah satu jurnalis dengan karya yang banyak dibaca publik. Ia menjadi jurnalis professional dan mengalami puncak karirnya ketika menjadi salah satu asisten reditor media Missouri Republican di St Louis yang terkemuka di Amerika.

Selama menjalani karirnya ia mulai merasa tidak yakin dengan agama Kristen yang dianutnya. Webb kemudian memutuskan untuk mulai mempelajari agama lain dan akhirnya menaruh ketertarikan kepada Islam. Ia pun semakin dekat dengan islam ketika bekerja di Kedutaan Filipina pada tahun 1887. Saat di sana ia mulai mempelajari Islam dari Muslim di India.

Awalnya Webb mengenal Islam melalui gerakan Ahmadiyyah dan kemudian menjelajah negara-negara Muslim untuk mempelajari Islam lebih dalam lagi dengan para ulama. Pada 1893.

Setelah pensiun dari Departemen Luar Negeri ia kemudian kembali ke AS. Webb memutuskan untuk menghabiskan masa pensiunnya dengan berdakwah, mempublikasikan sejumlah buku tentang Islam dan memulai mengelola surat kabar Islam yang menjelaskan tentang Islam kepada masyarakat AS.


Karena memeluk islam, Webb pun dikatakan sebagai wartawan AS pertama yang memeluk agama Islam. Ia mendapat penghargaan oleh Sultan Abdulhamid II pada awal abad 20. Dan pada akhirnya pada tahun 1916 Webb menutup usia dan dimakamkan di Rutherford, New Jersey.

0 komentar:

Post a Comment