Ilustrasi Adzan (photo:google.com)
Sebagai umat muslim, sering mendengarkan suara adzan yang merupakan panggilan untuk beribadah. Adzan pertama kali dikumandangkan oleh Bilal saat zaman Rasulullah SAW dan tidak pernah berhenti hingga sekerang (baca juga : Sejarah kisah Bilal dan Adzan Terakhirnya). Dan bahkan tiap menit adzan selalu berganti berkumandang diseluruh belahan dunia.

Yang membuat adzan tidak pernah berhenti adalah adanya perbedaan waktu dinegara-negara di dunia. Sehingga adzan tidak pernah berhenti dan selalu berkumandang dari ribuan suara masjid di seluruh dunia. Sebelum Adzan mencapai pantai Atlantik, bagian timur Indonesia mulai adzan Zhuhur. Dan sebelum mencapai Dacca, adzan Ashar telah dimulai. Ketika di Indonesia mengumandangkan adzan Shalat Subuh, maka di Afrika mengumandangkan adzan untuk Isya.

Dan jika dipikirkan bunyi Adzan tidak akan pernah putus. Saat adzan ashar belum selesai, adzan magrib telah dikumandangkan di belahan bumi lainnya. Dan beberapa saat kemudian adzan isyapun kembali dikumandangkan.


Para muadzin di dunia akan terus menghiasi tiap jam dengan lantunan kumandang adzan. Dan hal inipun akan terjadi hingga akhir zaman. Subhanallah.

0 komentar:

Post a Comment