Tulisan khusus saya ini persembahkan untuk saudara-saudariku yang kebetulan sampai saat ini masih hidup di negeri orang atau istilah kerennya lagi jadi anak rantau, sama seperti saya…

Namun merantau di jaman sekarang ini, tak begitu terasa lagi jauhnya, berbeda halnya dengan jaman dulu di mana komunikasi hanya melalui surat via Pos, dan seringkali sampai berhari-hari, berminggu-minggu kadang baru sampai di tempat tujuan. Kalau sekarang sudah ada media sosial, telephon, bahkan komunikasi interaktif 3 G pun sudah dapat dilakukan dengan keluarga yang jauh di kampung halaman.


Akan tetapi, tetap ada beberapa hal unik yang didapat oleh seseorang yang merantau ini, di antaranya sebagai berikut :

1.   Pengalaman menggunakan bahasa daerah lain bertambah.

2.   Adaptasi dalam bergaul dengan siapapun lebih terasah.

3. Jiwa raga lebih tahan banting terhadap situasi yang sulit, karena biasanya orang perantau seringkali mendapatkan tantangan-tantangan baru yang harus diatasi sendiri.

4. Keberanian pun lebih bertambah, dulu yang tidak berani jalan sendiri di malam hari, mungkin sekarang berbeda. Walaupun masih takut tapi sedikitlah….

5.   Jaringan pertemanan lebih luas.

6.   Kalau sukses dapat materi banyak, kalau gagal banyak juga dapat pengalamannya…

7.   Dan lain sebagainya…

Selain tersebut di atas, tentu saja sangat banyak lagi pengalaman yang didapat dari negeri orang di mana kita pernah merantau dulu. Kenangan pahit dan kenangan pahit pasti ada, dan pastinya semua pengalaman dan semua hal yang didapat dari seorang perantau akan semakin memperkuat jati diri dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

Semoga Rekan-rekan yang saat ini masih berada di daerah lain dalam rangka berjuang dalam memperbaiki keadaan hidup seperti halnya saya dapat betah dan sukses di sana… Aamiin…

0 komentar:

Post a Comment