Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Sebagai seorang guru di jaman yang hampir serba modern ini, guru juga dituntut memiliki kompetensi TIK yang mumpuni untuk menunjang karier maupun usaha meningkatkan efektifitas pembelajaran itu sendiri.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) juga diistilahkan dengan Information and Communications Technology(ICT) yang secara umum dapat dijelaskan bahwasannya TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media

Salah satu realitas di era digital ini, peserta didik yang bahkan belum pernah diajarkan membuat akun media sosial seperti halnya Facebook, Twitter, bahkan mereka mampu membuat blog pun bisa dilakukan dengan belajar pada teman-teman dalam lingkungan pergaulannya. Oleh karena itulah, untuk meningkatkan daya kontrol guru dalam mendidik mereka di luar sekolah pun aksesnya lebih luas.

Melalui media sosial, siswa seringkali mengutarakan apa itu isi hatinya. Dengan begitu, tentu saja guru yang dapat menguasai TIK akan dapat lebih memahami siapa dan apa maunya dari siswa bersangkutan. Selain itu, dengan adanya media internet seperti saat ini. Siswa cenderung mencari jawaban atau bahkan PR yang rata-rata jawabannya sudah ada di internet dengan cara browsing di dunia maya.

Informasi-informasi aktual terkait pendidikan pun dapat dilihat secara cepat di internet, dan tak pelak lagi bagi siswa-siswa yang proaktif menggali informasi di internet pun dapat mengetahuinya dengan cepat pula, hingga pengumuman yang terkait kebijakan / program pendidikan yang belum diumumkan oleh pihak sekolah, mereka telah mengetahuinya dulu.

Penguasaan TIK bisa diawali dengan memiliki laptop ataupun notebook dulu, percayalah dengan beriringnya waktu, lambat laun kemampuan Anda akan semakin meningkat. Seperti halnya penguasaan dalam mengoperasikan handphone, karena sudah  memiliki duluan, maka kemampuan menguasai peralatan tersebut pun semakin bertambah dari waktu ke waktunya. Dan selanjutnya pembelajaran yang menggunakan fasilitas internet pun dapat lebih mudah dikuasai.

Maka untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang lebih signifikan, penguasaan TIK oleh guru tidak dapat diabaikan begitu saja. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

0 komentar:

Post a Comment