Jika dulu saat saya sekolah, ketika kelulusan SMP dan dalam rangka perpisahan, sekolah kami mengadakan study tour ke wilayah Jawa Tengah, mulai dari Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton Jogjakarta, Monumen Yogya Kembali, Museum Perjuangan, hingga ke Pasar Tradisional Beringharjo.

Dan pada tahun 2001 ketika di SMA, saya ikut juga study tour ke Bali dengan tujuan wisata Pantai Sanur, Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Pantai Kuta Bali, Pura Besakih, Sangeh, Danau Batur Kintamani, dan terakhir tinggal di bermalam selama 2 malam di hotel, tapi entah apa dulu namanya benar-benar sudah lupa sekarang…


Dan tentu saja dalam setiap perjalanan wisata yang memakan waktu lebih dari 1 x 24 jam tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit baik dalam hal transportasi, akomodasi, sampai dengan konsumsi selama wisata. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat sedikit menghemat pengeluaran selama perjalanan wisata :

1.   Pada hari pertama keberangkatan, bawalah bekal konsumsi yang sudah disiapkan dari rumah, misalnya dimasakkan oleh orang tua kita atau masak sendiri sesuai selera favorit kita.

2.   Selain makanan berat, jangan lupa siapkan juga minuman atau makanan ringan yang cukup dan dibeli sebelum keberangkatan. Karena di tempat wisata atau di tempat persinggahan nantinya harganya akan lebih mahal.

3.   Jika pun harus menginap di hotel, sesuaikan dengan keadaan kantong kita, karena esok hari kita masih perlu uang yang cukup bahkan lebih untuk belanja souvenir, oleh-oleh, dan apapun yang terkadang kita minat belum terpikirkan sebelumnya.

4.   Jangan segan untuk menawar setiap barang ataupun jasa yang akan anda beli, siapa tahu ada potongan, khan lumayan…

5.   Hindari membeli sesuatu barang dan benda yang harganya tidak realistis, terlalu mahal, ataupun barang yang kurang manfaat, agar apa yang Anda beli nanti tidak sia-sia. Tapi membeli sesuatu yang menjadi ciri khas daerah / tempat wisata setempat disarankan, karena belum tentu nantinya kita bisa berkunjung kembali ke tempat tersebut untuk kenang-kenanganlah kira-kira.

Yang terpenting, perhatikan betul antara jumlah uang yang Anda miliki dengan seluruh pengeluaran yang sudah direncanakan sebelumnya, dan jangan sampai biaya tak terduga justru semakin besar dari rencara awal hingga menghabiskan uang saku Anda sebelum wisata berakhir. Demikian beberapa tips berhemat di saat bepergian / wisata. Semoga bermanfaat dan terimakasih… 

0 komentar:

Post a Comment