Sahabat Edukasi yang berbahagia….

Dalam setiap tahunnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei dengan berbagai rangkaian acara, namun ada yang berbeda dengan rangkaian peringatan Hardiknas 2015.

Pada peringatan Hardiknas tahun 2015 ini, Kemendikbud mengajak berbagai komunitas dan masyarakat untuk merayakan peringatan Hardiknas dalam rangkaian acaranya. Beberapa komunitas yang terlibat adalah komunitas Indo Runners, komunitas Egrang, komunitas Bakul Jamu Tradisional, komunitas-komunitas permainan tradisional, komunitas-komunitas sepeda, dan sebagainya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud yang sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Hardiknas 2015, Kacung Marijan mengatakan, masing-masing kegiatan dalam rangkaian acara peringatan Hardiknas 2015 akan melibatkan komunitas-komunitas yang ada di tengah-tengah masyarakat. “Kemendikbud ajak komunitas rayakan Hardiknas dengan kegiatan masing-masing di sepanjang bulan Mei. Jadi bukan cuma pas tanggal 2 Mei saja,” katanya saat rapat persiapan Hardiknas 2015 di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Selain pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas di kantor Kemendikbud, Jakarta pada tanggal 2 Mei 2015, terdapat berbagai acara lainnya untuk memeriahkan peringatan Hardiknas 2015 tersebut. Kemendikbud akan mengadakan beberapa rangkaian acara di Jakarta pada tanggal 10 Mei 2015 yaitu gerak jalan sehat dan sepeda sehat, permainan tradisional, permainan angklung, dan minum jamu gendong. Masyarakat Jakarta diimbau untuk memeriahkan rangkaian acara peringatan Hardiknas tersebut.


Peringatan Hardiknas 2015 yang mengambil tema “Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”ini tidak hanya dilaksanakan di Jakarta saja tetapi juga akan dilaksanakan di kota dengan sebutan kota pelajar yaitu Yogyakarta. Rencananya akan diadakan Pameran Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemutaran Film di Mobil Bioskop Keliling bagi masyarakat Yogyakarta pada tanggal 22-24 Mei 2015 di Museum Benteng Vredeburd, Yogyakarta. Selain itu, akan ada acara Malam Kesenian Hardiknas 2015 pada tanggal 23 Mei 2015 di Museum Benteng Vredeburd, Yogyakarta.

Adapun acara terakhir peringatan Hardiknas 2015 oleh Kemendikbud yaitu akan ada acara Minggu Gembira bagi masyarakat Yogyakarta pada tanggal 24 Mei 2015 di Alun-alun Selatan Yogyakarta. Rencananya acara ini meliputi jalan sehat dan sepeda sehat yang tentunya akan melibatkan berbagai komunitas sepeda di Yogyakarta dan sekitarnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional! (Agi Bahari)

0 komentar:

Post a Comment