Tempat Wisata Peradaban Islam di Eropa. Sejarah peradaban islam banyak meninggalkan jejak-jejak peninggalan. Namun ada beberapa peninggalan yang sudah hilang dan ada juga yang masih terawat hingga sekarang.

Negara-negara Eropa yang di kenal sebagai Negara minoritas islam, ternyata menyimpan beberapa tempat peninggalan sejarah islam. Dan tempat tersebut sangat bagus untuk anda mempelajari sejarah peradaban islam di Eropa sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata.

Seperti dilansir detik travel, dibawah ini 5 tempat wisata peradaban islam di Eropa:

1. Turki

Tempat Wisata Peradaban Islam di Turki Eropa
photo: thinkstock
Negara Turki merupakan salah satu Negara di Eropa dengan peradaban Islam yang besar. Dahulu dinegara ini terdapat Dinasti muslim Ottoman yang menyebarkan Islam hingga ke tiga benua, dengan Istanbul sebagai ibukotanya. Sehingga kota Istanbul ini sangat kaya akan peninggalan Islam dan cocok juga dijadikan sebagai tempat wisata. (baca juga: sejarah perkembangan islam di Turki)

Yang menarik di kota ini adalah Blue Mosque, juga terdapat Makam Fatih Sultan Mehmed, Masjid Suleymaniye, dan masih banyak lagi tempat menarik di kota ini. Selain Istanbul juga terdapat Kota Bursa yang merupakan ibukota lama dari Ottoman. Jika anda berkunjung ke Turki sebaiknya mampir ke Spice Bazaar untuk beli oleh-oleh.

Tempat Wisata Peradaban Islam di Spanyol Eropa
photo: thinkstock
2. Spanyol

Dahulu peradaban Islam di Spanyol sangat berkembang. Saat itu umat Islam, Yahudi, dan Kristen, hidup berdampingan dengan damai. Di Spanyol terdapat tiga kota yang terkenal akan peradaban Islam. Kota tersebut adalah :

1. Cordoba
Di Cordoba ada Masjid Agung Cordoba dan Kampung Arab

2. Seville
Di Seville ada Seville Cathedral yang dulunya Masjid Al Mohad, dan Alcazar Palace atau Al Qasr

3. Granada
Di kota ini terdapat Alhambra. (baca juga : sejarah perkembangan Islam di Spanyol)



Tempat Wisata Peradaban Islam di Rusia Eropa
photo: thinkstock
3. Rusia

Islam masuk ke Rusia melalui Kaukasus 1.000 tahun silam, dan memiliki 20% populasi di Rusia. Islam berkembang saat masa pemerintahan Sultan Mohammed Oz Beg, Khan dari Gorden Horde, dan Sultan Tamirlane. (baca juga : sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Rusia)

Tempat yang wajib anda kunjungi adalah Red Square di Moskow, Kazan, ibukota Tatarstan. Masjid Qulsharif di Kazan sangat terkenal keindahannya. Selain itu terdapat juga Kota Tua Bulgar yang menjadi tempat kelahiran Islam di Tatarstan.

Tempat Wisata Peradaban Islam di Yunani Eropa
photo: Getty Images
4. Yunani

Parthenon di Athena pernah menjadi sebuah masjid. Islam datang ke Yunani atas undangan Kekaisaran Bizantium untuk mengekang Serbia. Umat Islam tinggal selama lebih dari 500 tahun.

Di kota ini tepatnya di Thrace banyak terlihat bangunan dengan arsitektur Yunani-Islam. Dinasti Utsmani sendiri menyebut Yunani dengan Tourkokratia. Oleh sebab itu, Anda dapat melihat peninggalan Ottoman di Yunani. Selain Parthenon, ada Masjid Tzistarakis di Monastiraki, Masjid Fatih Sultan, dan Museum Seni Islam Benaki yang juga patut untuk anda kunjungi.

Tempat Wisata Peradaban Islam di Bosnia Eropa
photo: cnn
5. Bosnia-Herzegovina

Bosnia-Herzegovina merupakan negara pecahan Uni Soviet yang terletak di bagian Tenggara Eropa. Di kota ini terdapat peradaban Islam yang berumur 600 tahun. Anda dapat melihat bangunan bersejarah Islam seperti di ibukota, Sarajeco, terdapat Masjid Bascarsija, Frhadija, Madrasah Gazi-Husrevbey. Selain itu, jangan lewatkan Jembatan Tua Mostar yang terkenal.

Itulah 5 kota di Eropa yang dapat anda kunjungi untuk melihat-melihat peninggalan sejarah peradaban islam. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment