Walikota Terbaik di Dunia Tahun 2014 Seorang Muslim
Naheed Nenshi (foto:www.visitcalgary.com)
Kesuksesan seorang pemimpin dilihat dari meningkatnya taraf hidup masyarakatnya. Inilah yang membuat Naheed Nenshi menjadi walikota terbaik di dunia dan juga karena berperan secara aktif dengan warga Kota Calgary dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ia merupakan walikota Muslim pertama di kota Calgary Kanada yang mendapat gelar ini.


Dilansir Dream.co.id, Nenshi lahir di Toronto dan besar di Calgary. Orangtuanya memiliki darah keturunan Tanzania. Pria lulusan Universitas Harvard ini di usia 22 tahun direkrut oleh salah satu perusahaan konsultan terbesar di dunia. Setelah bekerja selama delapan tahun ia mengundurkan diri dan kembali ke tempat tinggalnya di Calgary untuk merawat ayahnya yang sakit. Ia juga tercatat pernah bekerja dengan PBB. Setelah berhenti, ia memulai bisnisnya, serta meraih gelar Profesor di Mount Royal University, Calgary.

Penghargaan walikota terbaik diberikan setiap dua tahun sekali, dengan menyertakan 10 daftar walikota di dunia yang dinilai menonjol dalam hal dukungan publik.

City Mayor Foundation, sebuah lembaga pemantau pemerintahan daerah yang berbasis di London menyatakan Nenshi merupakan walikota panutan bagi sebagian besar warga di kawasan Amerika Utara dan Eropa mengenai tata kelola yang terukur, inklusivitas, serta berpikiran maju.
Selain itu Nenshi juga disandingkan dengan dua walikota terbaik dunia lainnya yaitu Walikota Genth, Belgia, Daniel Termont, dan Walikota Surabaya, Indonesia, Tri Rismaharini.

"Indikator terpenting kesuksesan seorang politisi adalah meningkatnya taraf hidup masyarakat yang dia wakili," terang Nenshi.

"Ini menunjukkan bentuk keterlibatan masyarakat, sebagai warga negara, untuk membuat kotanya sendiri menjadi tempat terbaik dan memberi kesempatan bagi semua orang," kata Nenshi.


Itulah Walikota terbaik di dunia yang merupakan seorang muslim. Dan tahukah anda bahwa Ibu Risma Walikota Surabaya juga merupakan walikota terbaik pada urutan ke tiga. Kitapun juga harus bangga akan kesuksesan ibu Risma yang telah membuatnya menjadi Walikota terbaik.

0 komentar:

Post a Comment