Di alam bebas, hewan mempunyai jenis makanan tersendiri. Jenis makanan hewan yang dipelajari adalah makanan yang tersedia di alam. Agar kamu dapat lebih mengetahui jenis makanan hewan, lakukanlah kegiatan berikut! Di alam bebas, hewan mempunyai jenis makanan tersendiri. Jenis makanan hewan yang dipelajari adalah makanan yang tersedia di alam. Sumber makanan hewan dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu tumbuhan dan hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan di antaranya dapat berupa daun, batang, buah, biji-bijian, dan akar atau umbi-umbian. Sedangkan makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, ikan, tulang, dan serangga.
Menurut makanannya binatang digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora.
1. Karnivora
Karnivora adalah hewan yang memakan hewan lainnya. Sebagai contoh Singa, serigala, anjing, dan harimau. Singa, serigala, anjing, dan harimau berburu ayam, rusa, atau jenis binatang lainnya untuk dimangsa. Elang dan burung hantu termasuk karnivora. Hewan karnivora bercirikan gigi taring dan geraham tajam. Gigi tersebut berguna untuk mengunyah daging dan tulang.
2. Herbivora
Herbivora adalah jenis binatang pemakan tumbuhan. Contoh herbivora antara lain kambing, sapi, kerbau, rusa, dan kelinci.

3. Omnivora
Omnivora adalah binatang segala. Contoh omnivora yaitu bebek dan tikus. Bebek memakan biji-bijian, tetapi juga memakan cacing dan tumbuhan air yang terdapat di kolam. Demikian juga tikus. Tikus bisa memakan apa saja yang ditemui di sekitarnya seperti kelapa, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging.

Amati gambar hewan berikut. Tandai K pada binatang karnivora, H pada binatang herbivora, dan O pada binatang omnivora.
K
H
H
K
K
H
O
H
K
Kecepatan
Jarak yang ditempuh benda dalam satuan waktu tertentu dinamakan kecepatan. Secara umum dapat ditulis, Misal kecepatan dilambangkan dengan v, jarak tempuh = s dan waktu tempuh = t maka rumus kecepatan dapat ditulis sebagai berikut :
Kecepatan =Jarakatau v =s
Waktut
Dari rumus di atas diperoleh :
Jarak = Kecepatan x Waktu atau s = v x t
Waktu =Jarakatau t =s
Kecepatanv

Contoh Soal :
1. Udin sedang bermain sepatu roda. Udin berjalan sejauh 1.200 meter. Waktu yang diperlukan Udin untuk menempuh jarak tersebut 6 menit. Berapa jarak yang ditempuh Udin dalam setiap menit?
Jarak yang ditempuh udin = 1.200 : 6 = 200 meter/menit

2. Jarak rumah Udin ke toko Jaya 1.800 meter. Udin mencapai finish selama 9 menit. Edo berhasil mencapai finish selama 6 menit. Berapa jarak yang di tempuh Udin dan Edo setiap menitnya?
Jarak yang ditempuh Udin dan Edo = 1.800 ; 6 = 300 meter/menit

3. Pada saat libur ayah bersepeda selama 3 jam. Ayah berangkat pukul 5.00 dan sampai di rumah lagi pukul 8.00. Jarak yang ditempuh ayah 36 km. Berapa jarak yang ditempuh Ayah dalam setiap jam?
Jarak yang ditempuh ayah = 36 : 3 = 12 km/jam

4. Seorang pelari berlari pada lintasan sepanjang 400 meter. Pelari tersebut membutuhkan waktu selama 80 detik. Berapa jarak yang ditempuh pelari dalam setiap detik?
Jarak yang ditempuh pelari = 400 : 80 = 5 meter/detik

5. Sebuah kapal berangkat dari pelabuhan pukul 9.00 dan sampai tujuan pukul 11.00. Jika jarak yang ditempuh kapal 60 km, berapa kecepatan kapal?
Waktu = 11.00 - 9.00 = 2 jam
Kecepatan =Jarak=60 km= 30 km/jam
Waktu2 jam
6. Ayah mengendarai mobil selama 1/2 jam dan menempuh jarak 20 km. Berapakah kecepatan mobil yang dikendarai ayah?
Kecepatan =Jarak=20 km= 40 km/jam
Waktu0,5  jam

0 komentar:

Post a Comment