Manfaat Mandi Menjelang Shalat Subuh dengan Air Dingin
ilustrasi mand (foto:limedit.blogspot.com)
Seorang muslim mempunyai kewajiban untuk menunaikan shalat lima waktu, termaksud shalat subuh. Itulah yang diajarkan oleh Rasullah SAW. Tahukah anda bahwa ada beberapa kebiasaan-kebiasaan nabi SAW yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mandi menjelang shalat subuh.


Diriwayatkan bahwa Rasullulah SAW tak pernah sakit sepanjang hayatnya. Ini karena beliau sangat menjaga kesehatannya dan kebiasaan-kebiasaannya yang baru diketahui manfaatnya saat ini. Subhanallah.

Rasullulah bersabda “Mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR Muslim).

Hal ini pun ditegaskan oleh Dr Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir yang menjelaskan mengenai manfaat kesehatan bangun subuh dan mandi menjelang subuh, di antaranya adalah, pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa ketika mandi subuh, sebaiknya menggunakan air dingin, karena air dingin dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya, yuk kita simak dibawah ini:

1. Melancarkan Peredaran darah.

Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra,mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Ini disebabkan karena reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat.

Selama seseorang tidak sakit, mandi subuh akan memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah dan membuat aliran darah menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar akan membuat anda merasa lebih sehat dan bertenaga dan bahkan dapat melakukan aktivitas harian tanpa rasa letih.

2. Menjaga kesehatan kulit

Seorang dr. Midi Hariyani, SKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan sehingga detak jantung menjadi terpacu, adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih lembab.

Selain itu juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata dan menjadikan kuku lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

3. Menurunkan resiko darah tinggi.

Menurut Frederic Premji seorang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa mandi dengan menggunakan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini karena air dingin akan melancarkan peredaran darah keseluruh organ tubuh.

4. Meningkatkan sel darah putih.

Mandi air dingin menjelang subuh dapat meningkatkan sel darah putih, sehingga membuat kekebalan tubuh lebih kuat dari serangan virus.

5. Meningkatkan kesuburan.

Mandi dengan air dingin dapat mempengaruhi keseburuan dan gairah seksual seseorang yaitu dengan meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita.

6. Membuat rambut lebih sehat.

Air dingin dapat menutupi kutikula rambut sehingga mampu mengurangi kerontokan. Selain itu jgua mampu melindungi rambut dari kotoran yang menempel pada kulit kepala.

7. Merdekan depresi

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa anda. Dapat membuat pikiran menjadi tenang dan bersemangat.

Itulah manfaat mandi ari dingin ketika menjelang subuh. Namun yang perlu diperhatikan ketika anda mengalami sakit yang parah, sebaiknya mandi dengan menggunakan air hangat saja.

Sumber referensi :
http://www.goriau.com/riau-sehat/rasulullah-saw-selalu-mandi-menjelang-subuh-ternyata-ini-manfaatnya-bagi-kesehatan.html diakses tanggal 14 januari 2015

http://rezeki-berkah.blogspot.com/2013/05/7-keutamaan-mandi-sebelum-subuh.html diakses tanggal 14 januari 2015

0 komentar:

Post a Comment