5 Kota Eropa Barat Berwariskan Sejarah Islam
Alhambra (foto:vanya2v.wordpress.com)
Untuk mengunjungi kota-kota yang bernuansa islam atau yang memiliki sejarah islam tidak hanya terdapat di bagian Negara Arab. Tetapi ada beberapa kota di Eropa barat yang pada zaman dahulu mewariskan sejarah islam.


Bagi anda yang ingin jalan-jalan ke kota bagian Eropa yang bernuansa islam, berikut adalah beberapa saran kota yang bisa anda kunjungi seperti dilansir merdeka.com;

1. Wina

Kota Wina adalah ibukota dan salah satu dari 9 provinsi di Austria. Dahulu kekaisaran Ottoman gagal menduduki ibukota Austria pada tahun 1529 dan 1683. Aksi pengepungan militer tersebut rupanya menjadi proses kulturasi budaya dari kedua negara. Sehingga banyak terlihat dari arsitektur kota dan beberapa lukisan dinding yang mengingatkan tentang pengepungan militer itu. Selain itu juga terdapat Yunus-Emre-Fountain, yang terletak di Trkenschanzpark, yang merupakan hadiah dari Turki untuk Austria pada tahun 1991.

2. Algarve

Nama kota ini berasal dari kata Arab yaitu "al gharb" yang berarti "Sang Barat". Terletak di wilayah paling selatan daratan Portugal ini pernah menjadi perbatasan barat dari kerajaan Moor. Nuansa islam kota ini terlihat dari bentuk arsitektur kota yang sangat dipengaruhi oleh masa pemerintahan kerajaan Moor yang merupakan kerajaan Islam.

3. Sevilla

Kota Sevilla merupakan salah satu kota terindah di Spanyol. Dahulu kota ini pernah dijadikan pusat dari raja-raja kekhalifahan Umayyah dan masuk sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Nuansa islam kota ini terlihat pada bentuk arsitektur yang masih kental dengan nafas Islam. Selain itu juga, anda dapat mengunjungi Katedral Giralda, yang dulu pernah dikenal sebagai Masjid Agung.

4. Cordoba

Kordoba merupakan salah satu kota yang berada di Spanyol selatan. Mezquita atau Masjid Cordoba adalah sebuah katedral yang pernah dipakai sebagai masjid pada masa kekuasaan dinasti Umayyah di Spanyol. Saat itu, hampir setengah juta orang tinggal di Cordoba sehingga menjadikan kota ini sebagai kota terbesar kedua di dunia dan salah satu yang paling maju.

Dahulu kota ini berfungsi sebagai jantung budaya, keuangan, ekonomi dan politik dari kerajaan muslim. Dan pembangunan Masjid Agung Cordoba menjadikannya sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

5. Granada

Istana Alhambra dibangun pada pertengahan abad ke-14 sebagai kompleks istana dan perbentengan. Saat ini Istana Alhambra menjadi salah satu pusat wisata di kota Granada dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Jadi, bagi anda yang lagi jalan-jalan ke Spanyol jangan lewatkan untuk mengunjungi Istana ini.


Itulah 5 kota di Eropa Barat yang berwariskan sejarah Islam. Dan ketika anda ingin mengetahui sejarah Islam di Eropa barat, sebaiknya anda perlu mengunjungi 5 kota tersebut. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment