12 Kota Wisata Bersejarah Islam Bagian 2
Masjid Al-Aqsa (foto:wikipedia)
Sejarah islam merupakan sejarah yang sangat menarik untuk dibahas. Dalam Negara tertentu mempunyai cerita yang unik mengenai sejarah perjuangan islam dan bangunan-bangunan bersejarah. Sehingga selain menarik untuk diketahui, tempat-tempat tersebut juga menarik untuk dikunjungi.


Berikut lanjutan dari 12 kota wisata bersejarah islam.

7. Karak, Yordania

Sejarah islam yang pernah tercatat:

- Terdapat Jejak-jejak Nabi Sulaiman di kota ini, tepatnya di Sirka. Di daerah inilah Nabi Sulaiman tinggal cukup lama, yaitu di kota yang terkenal dengan kastilnya dan menjadi lokasi Perang Mutah pada 629 Masehi.

- Terdapat makam Zaid bin Haristah yang merupakan anak angkat Nabi Muhammad SAW.

8. Karbala, Irak

Letak Karbala sekitar 100 meter dari kota Bagdad dan merupakan salah satu tempat suci kaum Syiah setelah Makah dan Najab. Kawasan Karbala tua merupakan pusat agama Islam dan menjadi tujuan para peziarah karena terdapat makam Mashad al-Husain, cucu Nabi Muhammad, Husain bin Ali. Kota ini biasanya didatangi pada perayaan mengenang pertempuran Hari Asyura.

9. Kordoba, Spanyol

Sejarah yang pernah tercatat adalah:

- Pada masa kejayaan umat muslim, Kordoba pernah menjadi ibu kota Andalusia (nama spanyol waktu masa itu). Dan di abad ke-10 dan ke-11 wilayah ini menjadi kota paling berpengaruh di Eropa. Ditetapkan sebagai warisan situs universal oleh UNESCO.

- Arsitektur kota ini mencerminkan peninggalan bangsa Moor selain Romawi dan terdapat Masjid Kordoba yang kemudian menjadi Katetdral Kordoba pada 1236.

10. Najaf, Irak

Kota Najat berjarak 160 kilometer dari Bagdad dan juga dianggap suci bagi muslim Syiah karena dipercaya terdapat makam Imam Ali bin Abi Thalib, sepupu dan menantu Nabi Muhammad. Dikota ini juga merupakan pusat pengajaran ilmu Islam.

Terdapat juga Masjid Imam Ali yang megah, Masjid Jami Kufah dan rumah Iman Ali.

11. Qom, Iran

Kota Qom terletak sekitar 35 kilometer dari ibu kota Teheran. Terdapat makam putri Nabi Muhammad SAW, yaitu Fatimah Masumah. Banyak ulama dan ilmuan Islam tinggal di tempat ini. Pemimpin Revolusi Iran, Imam Khoeini pun menuntut ilmu di kota ini.

12. Yerusalem, Israel

Uniknya kota ini merupakan kota ummat Yahudi, Islam, dan Kristen. Terdapat Masjid Al-Aqsa dan Masjid Qubbat as-Sakhrah atau Dome of the Rock di wilayah Haram al-Syarif yang dibatasi tembok tinggi dan lingkungan kota tua Yerusalem. Sejarah dari Masjid Al-Aqsa adalah peristiwa Isra Miraj.

Masjid Qubbat as-Sakhrah merupakan masjid Khalifah Umar yang kemudian diperluas oleh Khalifah Al-Malik. Namun setelah hancur karena gempa, sekarang yang ada tinggak masjid Fatimiyah yang dibangun awal Abad ke-10. Kaum muslim biasanya memasuki kota ini melalui Yordania.


Itulah 12 kota wisata bersejarah islam yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment