12 Kota Bersejarah Islam Bagian 1
istanbul(foto:bbc.com)
Begitu banyak kota-kota islam yang menyimpan sejarah islam. Dan di Negara tertentu mempunyai sejarah islam dengan cerita yang berbeda-beda. Selain itu dengan cerita sejarah islam yang menarik, tempat-tempat tertentu juga merupakan objek wisata, sehingga akan sangat menyenangkan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Seperti yang dilansir laman Tempo.com dalam 12 kota religi umat muslim, terdapat sejarah islam dalam kota tersebut dan juga merupakan objek wisata.

Dibawah ini adalah 12 kota wisata bersejarah islam yang perlu anda ketahui:

1. Iskandariyah, Mesir

Kota ini terletak dengan jarak 225 kilometer dari Kairo dan sering ini disebut sebagai The Pearl of the Mediterranean. Sejarah islam yang pernah tercatat adalah:

- Terdapat Masjid Attarine yang semulanya merupakan sebuah gereja yang kemudian diubah menjadi masjid ketika Arab berkuasa.

- Terdapat Masjid Abu al-Abbas-Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota itu, memiliki menara tinggi dan empat kubah. 

- Terdapat benteng Qaitbay yang dibangun Sultan Qaitbay pada 1480 dan perpustakaan Universitas Iskandariyah yang merupakan perpustakaan tertua dan super besar.

2. Amman, Yordania

Sejarah islam yang pernah tercatat di kota ini adalah :

- Terdapat peninggalan Nabi Musa dan Nabi Syuaib

- Obyek wisata yang bisa dikunjungi adalah benteng Grand Hussein Mosque dan King Abdulah Mosque.

- Di pinggiran kotanya, Jubeha, terdapat makam Abdul Rahman ibn Awf al-Zuhri yang diambil bagian dalam perang Islam, seperti Badar, Uhud dan Mekah. 

- Terdapat makam Bilal ibn Rabah yang pada masanya merupakan muazin Nabi Muhammad SAW dan Gua Kahfi atau Kahfi al-Raqim yang disebut dalam Al Quran juga ada di kota ini.

3. Fes, Maroko

Kota Fes sering juga disebut sebagai Mecca of West. Selain Athens of Africa, kota ini juga merupakan salah satu kota kerajaan tertua. Kawasan kota tuanya disebut Fes el-Bali ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.Wilayah kota tua ini berada di balik dinding-dinding tinggi dengan jalan sempit yang mencapai 9.000 buah dan bebas dari kendaraan bermotor.

Sejarah islam yang pernah tercatat adalah:

Terdapat University of Al-Kairaouine yang didirikan pada 859 sebelum Masehi dan Masjid Kairaounie yang bisa menampung 20 ribu jamaah.

4. Granada, Spanyol
kota ini terletak di sebelah selatan Madrid, ibu kota Spanyol dan berada sekitar 669 meter di atas permukaan laut, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah dan Sungai Shaniel.

Sejarah islam yang pernah tercatat adalah:

Pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan merupakan salah satu mata rantai kebudayaan islam ketika berada di bawah kekuasaan Bani Ahmar. Pada saat kekuasaan Bani Ahmar menguat di Granada, beliau membangun istana Alhambra yang begitu indah. 

5. Istanbul, Turki

Sejarah yang pernah tercatat adalah:

- Dahulu kota ini disebut Konstantinopel. Dan namanya diubah saat Kerajaan Ottoman di bawah pimpinan Sultan Muhammad II berhasil menguasainya dan kemudian menjadikannya ibu kota kerajaan.

- Istanbul merupakan kota yang bernuansa islam. Sejumlah bangunan menjadi saksi kejayaanya, seperti Hagia Sophia, bangunan berasitektur Bizantium itu merupakan gereja yang diubah menjadi masjid dan sekarang sebagai museum. 

- Terdapat Topkapi Palace, istana raja abad 15-17 yang menjadi situs warisan budaya UNESCO. Di istana tersebut juga terdapat pedang Nabi Muhammad SAW dan perangkat lainnya.

6. Kairo, Mesir

Kota Kairo sangat dikenal dengan sebutan Kota Seribu Menara. Tidak hanya itu kota ini menjadi rujukan menimba ilmu bidang agama Islam, sehingga banyak dari beberapa Negara yang menimba ilmu di kota ini. Daerah yang kental dengan suasana Islam adalah Central Cairo, ada universitas Al-Azhar dengan masjid tertua di Kairo. Selain itu terdapat sejumlah masjid dan monumen, di antaranya, Masjid dan Madrasah Sultan Hassan, Masjid Al-Raifil, Mausoleum of the Saha, menara spiral, Masjid Alabster, dan benteng.

Lanjut ke 12 kota wisata bersejarah islam bagian 2

0 komentar:

Post a Comment