Lani dan keluarganya melihat sebuah acara di televisi. Mereka menyaksikan berita mengenai perampokan yang melukai seorang petugas keamanan. Petugas keamanan itu memang terluka, tetapi ia selamat dari peristiwa perampokan tersebut, bahkan berhasil menggagalkannya. Setelah diusut, ternyata si petugas keamanan berlatih olahraga beladiri secara rutin.

Olahraga beladiri pada awalnya adalah sebuah seni bertarung yang ada dan berkembang di hampir seluruh penjuru dunia. Seni beladiri timbul sebagai satu cara untuk mempertahankan diri atau membela diri. Kegiatan seni beladiri ini pun lama-kelamaan berkembang menjadi salah satu cabang olahraga tersendiri.


Dalam olahraga beladiri, terdapat satu gerakan dasar yang umum, yaitu kudakuda. Kuda-kuda adalah posisi menapak kaki untuk memperkokoh posisi tubuh. Kuda-kuda yang kuat dan kokoh penting untuk mempertahankan posisi tubuh agar tidak mudah dijatuhkan. Kuda-kuda juga penting untuk menahan dorongan atau menjadi dasar titik tolak serangan (tendangan atau pukulan).
1. Apakah yang dimaksud sikap kuda-kuda?
Kuda-kuda adalah suatu posisi dimana kaki menapak untuk memperkuat posisi tubuh, agar tidak mudah dijatuhkan olaeh lawan, disamping itu kuda-kuda juga sangat penting untuk menahan dorongan dari lawan dan menjadi dasar titik tolak serangan.
2. Apa fungsi gerakan kuda-kuda?
Di Pencak Silat Dikenal adanya Kuda-kuda. Fungsi dari Kuda- kuda di pencak silat diantaranya adalah untuk memperkokoh atau memperkuat  posisi berdiri kaki kita di saat melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap lawan. 
3. Otot bagian mana saja yang diperkuat pada saat melakukan kuda-kuda?
Baik pada Sikap Kuda Kuda Depan, Sikap Kuda Kuda Belakang,Kuda Kuda Tengah, Kuda Kuda Samping, Kuda Kuda silang depan, Kuda Kuda Silang Belakang, otot yang diperkuat adalah otot tungkai kaki. Pada saat membuat gerakan kuda-kuda, berat tubuh kita memang tertumpu pada bagian kaki kita.
Latihan kuda-kuda merupakan sikap dasar yang harus dikuasai dalam belajar olahraga beladiri. Kuda-kuda mendasari tumpuan kaki untuk penguatan otot-otot tungkai kaki. Bentuk latikan kuda-kuda dapat dilakukan dengan melakukan “Permainan Kucing dan Tikus”.
Cara Melakukan
  1. Bentuklah dua kelompok besar. Kamu akan bermain bersama dalam dua kelompok besar.
  2. Setiap kelompok menentukan satu orang menjadi “Tikus” dan satu orang menjadi “Kucing”. Sisanya menjadi “Pagar” melingkar.
  3. Buatlah sebuah lingkaran dan buatlah jarak yang tidak terlalu lebar antara satu dan yang lainnya.
  4. “Tikus” dan “Kucing” berada di dalam lingkaran.
  5. Setelah ada aba-aba, permainan pun dimulai.
  6. “Kucing” berusaha memegang “Tikus”.
  7. “Tikus” bebas menerobos keluar masuk pagar melingkar.
  8.  Pada saat “Kucing” menerobos pagar, siswa yang lain membuat sikap kudakuda tengah dengan kedua tangan mengepal di samping seolah-olah sebagai pagar.
  9. Siswa bergantian menjadi “Kucing” dan “Tikus”.
Mengenal Akar Tumbuhan
Akar adalah bagian tumbuhan yang sering tidak terlihat karena ia berada di dalam tanah. Selain untuk menopang tumbuhan di atasnya agar berdiri tegak, akar juga berfungsi untuk mengambil air dan mineral dari dalam tanah untuk disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Beberapa akar juga menyimpan makanan.

Akar terdiri atas rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Bulu akar berfungsi sebagai jalan masuknya air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan. Tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah. Akar terdiri atas dua jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk seperti serabut dimana bagian ujung dan pangkalnya berukuran hampir sama. Akar tunggang mempunyai akar pokok yang bercabang-cabang, dimana ukuran cabangnya lebih kecil daripada ukuran akar utamanya.

Daun Pada Tumbuhan
Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang berperan penting dalam proses pertumbuhan pada tumbuhan, umumnya daun berwarna hijau karena mengandung klorofil, dan berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari yang digunakan untuk berfotosintesis. Daun disebut sebagai organ terpenting bagi tumbuhan karena tumbuhan merupakan organisme autotrof obligat, yaitu untuk melangsungkan hidupnya tumbuhan harus memasok energinya sendiri melalui perubahan energi cahaya matahari menjadi energi kimia (fotosintesis).
Fungsi Daun pada umumnya 
  • Tempat terjadinya fotosintesis. Pada tumbuhan dikotil, tempat fotosintesisnya berada di jaringan parenkim palisade, sedangkan untuk tumbuhan monokotil, fotosintesisnya terjadi pada jaringan spons.
  • Sebagai organ pernapasan. . Organ Pernafasan daun yaitu stomata, yang berfungsi sebagai organ respirasi
  • Tempat terjadinya transpirasi. Transpirasi adalah terlepasnya air dalam bentuk uap air melalui stomata dan kutikula ke udara bebas
  • Tempat terjadinya gutasi. Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun .
  • Alat perkembangbiakkan vegetatif. Misalnya pada tumbuhan cocor bebek.

Setiap tumbuhan memiliki daun dengan struktur yang berbeda-beda dan hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, Beberapa diantaranya adalah Keadaan lingkungan Tempat tanaman itu tumbuh, kondisi gentik tanaman tersebut. Banyak sekali faktor pembeda yang membuat keberagaman daun cukup tinggi, jika dilihat dari morfologinya saja mulai dari segi bentuk daun,ujung daun, pangkal daun, susuanan tulang, tepi hingga daging daun terdapat perbedaan antara tiap daun pada tiap jenis tumbuhan.

Ayo Membuat Laporan
Amatilah sekelilingmu! Perhatikan dengan saksama bagaimana keluargamu memanfaatkan akar dan daun tumbuhan untuk keperluan sehari-hari. 

Tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya
  • Daun suji digunakan untuk pewarna makanan.
  • Daun pandan digunakan untuk penyedap masakan.
  • Daun seledri digunakan mengurangi tekanan darah tinggi
  • Daun belimbing untuk ntioksidan dan menurunkan tekanan darah
  • Daun bayam digunakan sebagai penambah darah
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati demam dan panas dalam.
  • Daun pisang digunakan untuk pembungkus makanan
Tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya
  • Wortel untuk dimakan sebagai sayur
  • Singkong, bengkoang, dan lobak.dimanfaatkan senagai bahan makanan.
  • Ginseng dimanfaatkan akarnya untuk bahan obat-obatan.
  • Alang-alang dimanfaatkan akarnya untuk bahan pembuat gula dan obat-obatan.
  • Akar pasak bumi untukobat-obatan

0 komentar:

Post a Comment