Minggu pagi, Beni dan teman-temannya berkumpul di alun-alun kota untuk lari pagi dan berolahraga bersama. Cuaca cerah dan suasana di alun–alun sangat ramai. Banyak sekali orang yang datang ke alun-alun di Minggu pagi. Ada yang berolahraga, berdagang, dan berjalan-jalan. Ada juga yang hanya melihat-lihat, membeli berbagai jajanan, dan membeli barang-barang yang dijajakan.

Saat mereka duduk beristirahat di trotoar, sebuah mobil bak terbuka lewat dan berhenti tak jauh dari tempat mereka beristirahat. Supir dan seorang temannya turun dari mobil dan segera berbaur dengan para pengunjung alun-alun. Beni dan temantemannya memandang dengan penuh minat pada muatan mobil itu. Sebuah papan reklame yang tampaknya milik sebuah toko yang baru akan dibuka. Beni menunjuk papan reklame itu dan berkata, ”Akan ada toko mebel baru nanti di jalan Ahmad Yani. Khusus mebel dari rotan.” Teman-teman yang lain bergumam membenarkan.

Mereka juga tengah membaca nama toko, jenis barang yang dijual, dan alamat toko pada papan reklame itu. “Bagus sekali, ya, gambar contoh mebelnya! Aku jadi ingin mengajak ibuku melihat-lihat ke toko itu nanti,” kata Siti bersemangat. “Cara pemiliknya memilih warna untuk papan reklamenya juga bagus, ya! Menarik minat orang untuk memperhatikan dan membaca dengan lebih teliti,” sambung Udin. “Bukan hanya warnanya, proporsi besar huruf dan gambarnya juga tepat,” Edo menambahkan.

Kalian tentu pernah melihat papan reklame sebuah toko, bukan? Apakah yang pertama kali kamu perhatikan setiap kali melihat sebuah papan reklame? Bagaimanakah papan reklame yang baik itu menurut pendapatmu? Bersama teman sekelompokmu, pilihlah sebuah reklame dari toko atau perusahaan terkenal yang kalian ketahui. Apa sajakah yang ada pada papan reklame itu? Cobalah mengisi kolom-kolom berikut ini.
Papan reklame toko/perusahaan: PT Berkah Sentosa
No.
Isi pada Papan Reklame
1.
Nama toko/perusahaan
2.
Penjelasan mengenai perusahaan
3.
Barang atau Jasa yang dijual
4.
Alamat yang dapat dihubungi
5.
Alamat toko/perusahaan 
    Perdagangan Antarnegara
    Perdagangan antarnegara merupakan proses tukar-menukar barang atau jasa antara satu negara dan negara lainnya. Perdagangan antarnegara terjadi karena tidak semua negara dapat memenuhi kebutuhan negaranya dalam semua hal. Sebagai contoh negara pertanian tidak mampu menyediakan barang-barang industri secara mandiri. Negara ini harus membelinya dari negara lain. Sebaliknya, negara-negara industri memerlukan hasil pertanian. Negara industri akan melakukan perdagangan antarnegara dengan negara penghasil produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

    Perdagangan antarnegara sangat dibutuhkan, baik oleh negara yang sudah maju maupun negara yang sedang berkembang. Perdagangan antarnegara menghasilkan pendapatan bagi negara tersebut. Pendapatan dari perdagangan antarnegara disebut devisa. Makin banyak jumlah devisa sebuah negara, makin kuatlah perekonomiannya. Hal ini dapat terjadi karena devisa dapat digunakan untuk membantu negara itu memenuhi kebutuhan rakyatnya, dan untuk mendanai pembangunannya.

    Dalam perdagangan antarnegara, peran reklame sangat penting. Reklame membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Reklame juga digunakan sebagai media untuk mengenalkan budaya bangsa melalui produk yang ditawarkan. Jadi, reklame tetap menjadi bagian penting dalam perdagangan, baik perdagangan lokal maupun perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara.

    Kosa kata Baru :
    • Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, msl mesin;
    • Devisa,  Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata uang yang dapat diterima oleh hampir semua negara di dunia (seperti US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris), emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional, dan lainnya.
    • Reklame,  Reklame adalah media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Reklame berasal dari kata re-clamare (bahasa Latin: Re=berulang, clamare=seruan).
    • Media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
    • Produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu;
    Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah bersama kelompokmu bagaimana reklame/iklan dapat membantu memenangkan persaingan untuk merebut calon pembeli.
    Apa tujuan utama sebuah reklame/ iklan?
    Reklame yang dibuat untuk menawarkan barang dan jasa.  Dengan reklame diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Jenis reklame ini banyak digunakan para pedagang atau pengusaha dalam meningkatkan keuntungan.
    Hal-hal apa yang harus ditonjolkan dalam sebuah reklame/iklan?
    Hal-hal yang ditonjolkan pada reklame :
    • Teks atau slogan yang jelas dan mudah dimengerti. Terdiri dari teks utama (headline) dan teks penjelasan yang mendukung headline
    • Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai. Pemilihan bahasa dan kalimat harus disesuaikan dengan sasaran konsumen / pembaca yang akan menggunakan produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya. Bahasa yang digunakan pada reklame pupuk untuk petani tentu berbeda dengan bahasa yang digunakan pada reklame komputer untuk pengusaha, berbeda juga dengan reklame mainan untuk anak-anak.
    • Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat. Ilustrasi gambarnya tidak boleh bohong artinya bentuk gambar harus sesuai dengan produk aslinya. Obyek yang digunakan juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya. Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak digunakan pada reklame produk anak-anak.
    • Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan). Harus cerdik dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya. Dalam hal ini pengaturan komposisi mempunyai peran penting sehingga secara keseluruhan reklame menjadi enak dilihat dan pesan yang disampaikan cepat dipahami.
    • Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame. Dalam hal ini harus dipahami sifat-sifat warna, karena jenis warna sangat mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya. Terlalu banyak warna merah cenderung membuat orang yang melihatnya merasa panas sehingga kurang sesuai jika digunakan pada reklame minuman segar. Contoh lain, anak-anak menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga untuk reklame produk anak-anak, jenis warna seperti merah, kuning, biru, banyak digunakan.
    Bila terdapat beberapa barang yang sama di sebuah toko/pasar, iklan/ reklame seperti apakah yang akan memenangkan persaingan?
    • Tujuan harus tepat karena iklan bertujuan untuk menarik calon pembeli
    • Tepat sasaran, artinya iklan ditujukan kepada kelompok masyarakat yang memiliki kebutuhan dan daya beli
    • Pemilihan media yang tepat
    • Pesan dikemas dengan unik dan kreatif, isi pesan harus memberikan alasan calon pembeli untuk melakukan tindakan
    Di media apa sajakah orang perlu memasang iklan/reklame untuk keberhasilan penjualannya?
    Media cetak (koran, majalah), Radio, Televisi, dan Internet

    Waktu istirahat, Siti dan Dayu mengamati sebuah majalah. Mereka memperhatikan iklan-iklan yang terdapat di dalamnya. Salah satu iklan panjang sisinya 12 sentimeter, luasnya pasti 12 kali 12, kan? Berarti luasnya menjadi 144 sentimeter persegi. Atau dengan kata lain sebagai berikut :
    Hasil perkalian dua bilangan yang sama besar melalui cara perkalian berulang disebut sebagai bilangan pangkat dua atau bilangan kuadrat.
    Bentuk
    perkalian
    Hasil
    Bentuk
    berpangkat
    Cara membaca
    3 x 3
    9
    Tiga pangkat dua atau tiga kuadrat
    7 x 7
    49
    Tujuh pangkat dua atau tujuh kuadrat
    9 x 9
    81
    9
    Sembilan pangkat dua atau sembilan kuadrat
    12 x 12
    144
    12²
    Dua belas pangkat dua atau dua belas kuadrat
    15 x 15
    225
    15²
    Lima belas pangkat dua atau lima belas kuadrat
    17 x 17
    289
    17²
    Tujuh belaspangkat dua atau tujuh belas kuadrat
    19 x 19
    361
    19²
    Sembilan belas pangkat dua atau sembilan belas kuadrat
    21 x 21
    441
    21²
    Dua puluh satu pangkat dua atau dua puluh satu kuadrat
    23 x 23
    529
    23²
    Dua puluh tiga pangkat dua atau dua puluh tiga kuadrat
    28 x 28
    784
    28²
    Dua puluh delapan pangkat dua atau dua puluh delapan kuadrat
    Cobalah memecahkan beberapa soal di bawah ini secara mandiri.
    1. Sebuah majalah memberikan tarif untuk iklan sebesar Rp25.000 setiap cm². Sebuah iklan majalah yang berbentuk persegi memiliki panjang sisi 12 cm. Berapakah harga tarif untuk iklan tersebut?(12² x Rp25.000 = 144 x Rp25.000 = Rp3.600.000)
    2. Sebuah papan iklan berbentuk persegi memiliki panjang sisi 120 cm. Biaya pemasangan iklan per meter persegi adalah Rp36.000. Berapa biaya yang diperlukan untuk membayar pemasangan iklan pada papan iklan tesebut?(1,2² x Rp36.000 = 1,44 x Rp36.000 = Rp51.840)
    3. Siti berpikir untuk membuat lima iklan untuk sebuah majalah. Setiap iklan yang berbentuk persegi tersebut memiliki panjang sisi 15 cm. Dengan tarif iklan sebesar Rp13.000 per cm², berapa biaya yang diperlukan untuk membuat semua iklan tersebut?(5 x 15² x Rp13.000 = 5 x 225 x Rp13.000 = 1.125 x Rp13.000 = Rp1.4625.000)

    0 komentar:

    Post a Comment