Sudah seminggu ini Udin tidak masuk sekolah. Udin tengah dirawat di sebuah rumah sakit karena ia terkena penyakit usus buntu. Siswa-siswi kelas V SD Nusantara sepakat untuk menjenguk Udin sepulang sekolah di hari Sabtu. Ibu Guru meminta semua siswa untuk berdiskusi dengan orang tua masing-masing untuk menentukan apa yang akan dibawa saat menjenguk Udin di hari Sabtu. Tidak hanya keluarga Beni yang mengadakan musyawarah. Keluarga Lani juga melakukan musyawarah untuk memutuskan apa yang akan dibawa oleh Lani saat menjenguk Udin.

Diskusikanlah dengan teman sebangkumu.
  • Mengapa Beni harus bermusyawarah terlebih dahulu dengan kedua orang tuanya?
Karena dengan musyawarah semua saran di tampung dan dicari yang terbaik sebagai sebuah kemufakatan. Sehingga keputusan serasa milik bersama sehingga partisipasi tentunya lebih kuat.


Apa manfaat dari musyawarah?
  • Dapat memecahkan masalah yang sulit yang tidak dapat dipecahkan sendiri
  • Untuk menyaring dan meneliti pendapat-pendapat agar memperoleh petunjuk tentang pendapat yang paling baik
  • Musyawarah dapat memberikan dorongan kepada masyarakat agar hidup rukun dan bersatu
Dalam keadaan seperti apakah musyawarah perlu dilakukan?
Musyawarah dilakukan dalam segala hal.
Sesuai dengan Sila keberapakah perilaku bermusyawarah? Mengapa demikian?
Musyawarah merupakan bentuk pengamalan Pancasila terutama sila keempat yaitu “ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Musyawarah mufakat mengutamakan akal sehat dan menggunakan azaz kekeluargaan. Musyawarah untuk mufakat merupakan inti dari Demokrasi Pancasila, dimana tindakan bersama diambil sesudah ada musyawarah mufakat. 
Sabtu depan Lani semua akan menjenguk Udin di rumah sakit. Udin terkena usus buntu, ia akan menjalani operasi. Lani ingin memberikan sebagian uang celengan Lani untuk sedikit meringankan biaya operasi Udin. Mama Lani menganjurkan untuk menabung uang jajan selama minggu.

Mengapa Lani diminta untuk menabung terlebih dahulu?
Supaya uang menjadi bertambah banyak
Apa manfaat kegiatan menabung?
Banyak sekali manfaat menabung, antara lain :
1. Menghindarkan kita dari sifat boros
2. Uang tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang tak terduga
3. Menghindarkan kita dari berhutang
4. Melatih kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.
5. Persiapan hari tua
6. Perencanaan pendidikan anak yang lebih baik
7. Dapat digunakan sebagai modal usaha [kelak].
Sesuai dengan Sila keberapakah perilaku menabung? Jelaskan
Menabung merupakan pengamalan sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh  rakyat Indonesia

Seren Taun
Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan masyarakat agraris. Banyak upacara adat berkaitan
dengan kehidupan masyarakat agraris. Salah satu contohnya adalah upacara adat Seren Taun yang biasa diadakan oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat, tepatnya di Kuningan. Upacara adat Seren Taun merupakan sebuah ungkapan rasa syukur dan doa para petani, baik untuk tahun yang telah berlalu maupun tahun yang akan datang. Upacara Seren Taun biasanya diadakan setiap Bulan Rayagung sebagai bulan terakhir dalam perhitungan kalender Sunda.

Upacara Seren Taun diawali dengan upacara ngajayak atau Menjemput Padi pada tanggal 18 Rayagung. Upacara dilanjutkan dengan upacara penumbukan padi. Ngajayak dalam bahasa Sunda berarti menerima dan menyambut. Bilangan 18 berkonotasi belas kasih sehingga upacara ngajayak mengandung arti cinta kasih kemurahan Tuhan yang telah menganugerahkan kehidupan bagi umat-Nya di seluruh bumi.

Di akhir upacara Seren Taun tersebut, sebagian besar padi yang terkumpul dari proses ngajayak ditumbuk oleh warga masyarakat menggunakan alat tradisional lesung dan alu. Beras hasil tumbukan lalu dibagi-bagikan kepada masyarakat.
Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/256427

Pertanyaan mengenai bacaan di atas contohnya adalah :
  • Mengapa masyarakat desa tersebut mengadakan upacara Seren Taun?(Upacara Seren Taun merupakan bentuk rasa syukur dan doa para petani atas rejeki tahun yang lalu dan tahun yang akan datang.
  • Di daerah mana Upacara Seren Taun dilaksanakan ? (Upacara Seren Taun dilaksanakan oleh masyarakat di daerah Kuningan Jawa Barat)
  • Kapan upacara Seren Taun dilaksanakan ? (Acara Seren Taun dilaksanakan setiap Tanggal 18 Bulan Rayagung dalam perhitungan Kelander Sunda)
  • Kegiatan apa saja yang dilakukan pada Upacara Seren Taun ? (Ngajayak atau menjemput padi dan  dilanjutkan dengan menumbuk padi)

0 komentar:

Post a Comment