Aku adalah sejenis tumbuhan palem berduri yang merambat. Aku hidup di hutan-hutan tropis. Aku memerlukan pohon-pohon besar di sekitarku sebagai penopangku. Dengan bantuan duri-duri pengait yang berada di ujung tangkai daunku, aku merambati pohon-pohon di sekitarku. Aku tak hanya merambati pohon penopangku, kadang aku pun merambat ke pohon-pohon yang lain. Oleh karena itu, kadang-kadang, batang-batangku saling berjain dengan cabang dan ranting pohon lain.

Akarku mempunyai sistem perakaran serabut, berwarna keputihan atau kekuningan serta kehitaman. Daun-daunku ditumbuhi duri yang umumnya tumbuh menghadap ke dalam. Batangku berbentuk memanjang dan bulat seperti silinder, tetapi ada juga yang berbentuk segitiga. Batangku terbagi menjadi ruas-ruas. Setiap ruas dibatasi oleh buku-buku.

Pelepah dan tangkai daun melekat pada buku-buku tersebut. Aku dapat berbatang tunggal atau berumpun. Batangku yang sudah tua banyak dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan dan perabot rumah tangga.

Aku tak hanya berguna sebagai bahan mebel atau barang kerajinan. Batangku yang masih muda dapat dimakan sebagai sayuran. Akar dan buahku dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Getahku dapat digunakan sebagai bahan baku pewarnaan pada industri keramik dan farmasi.

Mari Meneliti dan Berkreasi
Banyak tanaman di sekeliling kita, baik di sekitar rumah maupun sekolah. Tahukah kamu cara membedakan tanaman yang satu dari tanaman lainnya? Salah satunya melalui daun dan batangnya. Bagaimana bentuk daunnya? Apakah batangnya berkayu?

Booklet adalah buku berukuran kecil (setengah kuarto) dan tipis, tidak lebih dari 30 halaman bolak-balik, yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format (ukuran) kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku (ada pendahuluan, isi, penutup) hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama denganbooklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.

Mari kita mencoba mencari tahu lebih jauh.
  • Kamu akan membuat sebuah buklet tanaman dengan menggunakan beberapa lembar kertas ukuran A4 (21 cm × 29,7 cm) yang dilipat menjadi dua bagian.
  • Pilihlah sebuah tanaman yang dapat ditempelkan di dalam buklet.
  • Amatilah setiap bagian tanamanmu.
  • Cobalah mengisi tabel di bawah ini.
No.
Nama bagian
Fungsi
Bentuk 
1.
Akar
  • Menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah;
  • Menunjang berdirinya tumbuhan;
  • Sebagai alat pernapasan, contoh pada tumbuhan bakau;
  • Sebagai penyimpan makanan cadangan. Contoh pada singkong dan wortel.
2.
Batang
  • Penopang tumbuhan agar tetap tegk;
  • Pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun;
  • Penyimpan makanan cadangan (tebu dan kentang);
  • Pengangkut hasil fotosintesis.
3
Daun
  • Tempat pembuatan makanan (fotosintesis);
  • Untuk pernapasan karena di permukaan daun terdapat stomata;
  • Tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. Transpirasi adalah proses kehilangan air dalam bentuk uap air dari jaringan tumbuhan melalui stomata. Gutasi adalah peristiwa pengeluaran air dalam bentuk titik air melalui lubang pengeluaran (hidatoda) yang terdapat di tepi daun
4.
Bunga
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (kawin). Pada bunga terdapat putik sebagai kelamin betina dan benang sari sebagai kelamin jantan.
  • Pisahkan bagian-bagian tanamanmu. Tempelkan bagian tanamanmu pada halaman-halaman buklet.
  • Berilah keterangan pada setiap halaman dengan informasi yang tepat.
  • Percantik bukletmu dengan hiasan warna-warni.
  • Selamat meneliti dan berkreasi!

Buklet Karyaku


Arti Sebuah Tari
Pernahkah kamu melihat sebuah pementasan tari? Paduan musik, harmoni gerak, busana, tata rias, dan properti tari merupakan unsur-unsur pementasan tari. Meskipun setiap unsur berbeda, tetapi semuanya merupakan satu kesatuan dalam sebuah karya tari. Setiap unsur mendukung penampilan suatu karya tari. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan si pencipta tari dapat diterima dengan mudah oleh penonton.

Sapu tangan, pedang, tongkat rotan, dan perlengkapan lainnya merupakan sebagian dari properti yang sering digunakan oleh penari untuk melakukan gerak tari. Pemakaian properti tari diusahakan jangan sampai mempersulit gerak penari. (Sumber: BSE Seni Budaya dan Keterampilan SD Kelas IV, Ari Subekti, 2010)

Pengamatan pada Beberapa  Tarian
Tugas : kumpulkanlah beberapa tarian daerah dan perhatikanlah alat-alat yang mereka gunakan sebagai properti. Cobalah melengkapi tabel di bawah ini.
No.
Nama tarian
Asal daerah
Properti utama yang digunakan
1.
Tari Reog
Jawa Timur.
Reog
2.
Tari  Pendhet
Bali
Bokor
3
Tari Kipas Pakarena
Sulawesi Selatan
Kipas
4.
Tari Topeng Cirebon
Jawa Barat.Topeng
5.
Tari Kuda Lumbing
Jawa Tengah.Kuda Lumping
6.
Tari Piring
Sumatera Barat.Piring
7.
Tari Remong
Jawa Timur.Selendang
8.
Tari Baksa Kembang
Kalimantan SelatanRangkaian Bunga
9.
Tari Golek Manis
Jawa Tengah.Boneka
10.
Tari Payung
Sumatera Barat.Payung
11.
Tari Legong
BaliKipas
12.
Tari Lengger
Jawa TengahSelendang
13.
Tari Jaipong
Jawa Barat.Selendang

0 komentar:

Post a Comment