Beni, Ayah, dan Ibu naik kendaraan menuju rumah Kakek. Keluar dari rumah, mereka harus melewati tengah kota menuju ke luar kota. Inilah denah jalan yang mereka lalui.
Perhatikan denah di atas.
  1. Bagaimana rute perjalanan Beni seperti ditunjukkan oleh arah panah? Jelaskan dengan menyebutkan arah mata angin yang sesuai!(dari rumah Beni berangkat ke arah utara, kemudian berbelok ke arah kanan (timur). Sampai di perempatan Beni belok ke arah kiri (barat), sampai ke perempatan berikutnya. Dari perempatan tersebut Beni belok ke kanan (timur) menuju jalan Pemuda. Dari jalan Pemuda Beni bergerak lurus menuju arah ke luar kota).
  2. Apabila dilihat dari Taman Kota, di sebelah manakah Restoran Enak?(restoran Enak berada di sebelah timur Taman Kota)
  3. Bangunan apa saja yang terletak di sebelah utara Jalan Pemuda?(Kantor PT Usaha Jaya,  Toko Buku, SMA Negeri 1, dan Kantor Pos)
  4. Di arah manakah letak toko elektronik Cahaya dari rumah Beni?(Toko Cahaya terletak di sebelah timr rumah Beni)
  5. Bangunan apa yang terletak di sebelah selatan Jalan Pemuda?(Rumah Sakit dan Masjid Raya)
  6. Jika skala denah tersebut 1 : 50.000, ukurlah jarak tempat-tempat berikut, lalu hitunglah jarak sebenarnya.
No.     Tempat       Jarak pada Denah
              Jarak Sesunguhnya             
1
Rumah Beni – Rumah Sakit7 cm
3.500 m/3,5 km
2
Kantor PT Usaha Jaya – Bundaran6 cm
3.000 m/3 km
3
Rumah Sakit – Masjid Raya3 cm1.500 m/1,5 km
3
Toko Buku – Kantor Pos3 cm1.500 m/1,5 km
3
Rumah Beni – SMPN 510 cm5.000 m/5 km
Suasana kota terlihat ramai tetapi damai. Hal itu karena masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan. Sikap menjaga persatuan dan kesatuan itu harus dimulai dari keluarga atau di rumah. Apa akibatnya jika tidak ada sikap persatuan dan ke satuan di rumah?
Akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah:
  • Antar anggota keluarga saling bermusuhan
  • Keluarga menjadi kurang harmonis
Selanjutnya, apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah? 
Yang akan aku lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah:
Karena dalam keluarga terdiri dari beberapa orang yang memiliki karakter berbeda-beda, maka kita tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu yang harus kitalakukan hal berikut antara lain:
  • Beribadah bersama keluarga,
  • Menciptakan suasana kehidupan keluarga yang tertib, dinamis, intim dan bahagia serta saling menghargai,
  • Saling mencintai dan tolong menolong,
  • Mengakui keberadaan, fungsi, atau kedudukan tiap-tiap anggota keluarga,
  • Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain.
Meningkatkan persatuan dan kesatuan merupakan salah satu cara menjaga kerukunan, mulai dari keluarga, masyarakat, negara, hingga antarnegara. Dalam pembelajaran 1 dan 2, kamu telah mengetahui bahwa kerja sama perdagangan internasional sangat penting dan memiliki manfaat dalam bidang ekonomi. Tahukah kamu, perdagangan internasional juga memiliki manfaat dalam bidang politik? Perdagangan antarnegara bisa mempererat hubungan politik antarnegara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan dagang.

Bersama kelompokmu carilah infomasi mengenai pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia. Tuliskan dalam kotak berikut, lalu bandingkan dengan hasil kelompok lain. Saling lengkapilah informasi yang kalian peroleh.
Pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia:
Perdagangan internasional juga bermanfaat di bidang politik. Perdagangan antar negarabisa mempererat hubungan politik antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatunegara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir. Negara ini dapat ditekan dengan dikenai sanksi ekonomi. Artinya, negara lain tidak diperbolehkan menjalin hubungan dagang dengan negara tersebut. Biasanya upaya seperti ini harus dengan persetujuan PBB. Hal ini dilakukan demi terciptanya keamanan dunia. 

0 komentar:

Post a Comment