Unsur-Unsur Musik.  Musik di Indonesia sangat beragam, hal ini dikarenakan suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam, sehingga boleh dikatakan seluruh 17.508 pulaunya memiliki budaya dan seninya sendiri. Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Sebagai salah satu cabang seni yang menggunakan suara sebagai media ekspresinya. Musik diwujudkan oleh unsur-unsur musik. Unsur-unsur musik yang ada pada lagu daerah  di antaranya irama dan melodi.  

1. Irama
Irama adalah panjang pendeknya nada yang ada dalam musik. Irama memberikan ketukan dalam musik. Pada lagu-lagu daerah di Indonesia sifat irama sangat sederhana, namun memiliki pola irama yang khas. Ada yang dinyanyikan tanpa iringan, ada pula yang dinyanyikan dengan iringan. Irama terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam dengan berbagai macam panjang pendek, membentuk pola irama, dan bergerak menurut ketukan (pulsa) dalam birama. Coba kamu perhatikan contoh irama dalam birama 4/4 berikut.

2. Melodi
Melodi terbentuk dari sekelompok nada-nada yang berjalan menurut irama tertentu. Susunan nada dalam melodi mempunyai pola yang mengacu pada pola birama. Birama adalah ketukan dalam musik, biasanya tanda birama ditulis dengan angka pecahan. Contohnya: 2/4, 3/4, 6/8 dan seterusnya. 2/4 berarti Angka 2 (pembilang) menunjukan jumlah ketukan dalam satu birama, angka 4 (penyebut) menunjukkan nilai nada, satu ketukan. Dapat pula diartikan pada satu ruas birama terdapat dua ketuk tiap satu ketuk harga not seperempat. Coba kamu perhatikan contoh melodi dalam birama 4/4 di atas.

Unsur melodi tidak selalu ada dalam pertunjukan musik daerah. Sebagai contoh pertunjukan musik gordang sambilan dari daerah Sumatra Utara. Alat musik yang digunakan dalam pertunjukan musik gordang sambilan yaitu gendang. Gendang termasuk jenis alat musik ritmis. Jadi, musik ini hanya memainkan perpaduan irama antara gendang satu dengan gendang lainnya.
  • Alat Musik MelodisAlat musik melodis adalah alat musik yang bernada dan mempunyai irama. Misalnya pianika, recorder, harmonika, gitar, dan piano. Cara memainkan alat musik melodis yang satu berbeda dengan alat musik melodis yang lain. Ada alat musik melodis yang ditiup, dipetik, ditekan, atau digesek. Contoh alat musik daerah melodis adalah Angklung, Calung, Gamelan Jawa (Yang Melodis), Kacapi, Kolintang, Saluang, Talempong 
  • Alat Musik RitmisAlat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik daerah ritmis adalah gendang dan tamborin, 
Bagi orang Mandailing terutama pada masa lalu, musik ini merupakan musik adat yang sakral karena dipercaya mempunyai kekuatan gaib memanggil roh nenek moyang untuk memberi pertolongan melalui media perantara. Irama yang dimainkan dapat juga digunakan untuk mengiringi tari, yaitu tari Sarama. Orang yang melakukan tari Sarama kadang-kadang mengalami kesurupan pada waktu menari karena dimasuki roh nenek moyang. Selain sebagai musik adat yang sakral, musik ini juga berfungsi untuk menyambut tamu agung dan perayaan-perayaan nasional.

0 komentar:

Post a Comment