Pertumbuhan Hewan dan Tumbuhan. Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan. Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Kucing adalah hewan yang melahirkan anaknya. Tubuh anak kucing mula-mula kecil. Tubuhnya semakin lama semakin besar. Ada perbedaan antara anak kucing dengan kucing dewasa. Rambutnya yang tipis bertambah tebal. Anak kucing tumbuh menjadi kucing remaja. Kucing remaja tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing betina dapat beranak. Anak kucing menyusu pada induknya.

Ayam merupakan hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Ayam betina dapat menghasilkan 1 telur setiap hari. Telur yang dapat dihasilkan berkisar 7 hingga 12 telur. Setelah masa bertelur, ayam akan mengerami telurnya. Ayam mengerami telurnya selama 21 hari. Telur ayam menetas menjadi anak ayam. Anak ayam itu berukuran kecil dan berbulu lembut. 


Anak ayam itu mengalami pertumbuhan sehingga tubuhnya bertambah besar. Berat, panjang, dan tinggi anak ayam itu semakin bertambah. Bulu ayam itu juga mengalami perubahan. Anak ayam yang baru menetas tidak dapat dibedakan antara jantan dan betina. Setelah ayam itu besar, kita baru bisa membedakannya. Ayam betina berjengger kecil dan bulu ekornya pendek. Anak ayam tersebut makan dan minum setiap hari. Ukuran tubuhnya pun bertambah besar sampai menjadi dewasa. Gerakannya mulai lincah. Bagian ekor dan jenggernya turut tumbuh. Bulu-bulunya membesar dan agak kasar. Sementara itu, ayam jantan berjengger besar, bulu ekornya panjang, dan bertaji. 

Anak kambing dilahirkan oleh induknya. Pada saat lahir, anak kambing itu bertubuh kecil dan berambut halus. Bentuknya mirip seperti kambing dewasa. Gerakannya masih lambat. Anak kambing menyusu pada induknya. Selama pertumbuhannya, tubuh anak kambing itu semakin besar dan semakin tinggi . Rambutnya juga semakin lebat. Tubuh kambing bertambah besar dan tinggi, berat badannya bertambah. Kakinya semakin panjang dan besar. Gerakannya bertambah lincah dan cepat. Suaranya bertambah besar. Kambing jantan dewasa tumbuh tanduknya. Tanduk untuk membela diri.

Ada beberapa jenis hewan yang bentuk mudanya berbeda dengan bentuk dewasanya.
Selama pertumbuhannya, hewan itu mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk ini dinamakan metamorfosis. Hewan yang mengalami metamorfosis, misalnya katak. Perhatikan perubahan bentuk pada katak berikut

Telur katak menetas menjadi berudu. Tubuh berudu berbentuk seperti ikan dan berekor panjang. Berudu itu selalu mengalami pertumbuhan. Sepasang kaki belakangnya muncul. Selanjutnya, disusul oleh pertumbuhan kaki depannya. Ekornya semakin lama semakin pendek. Ekornya menghilang setelah tumbuh menjadi katak dewasa

Pertumbuhan hewan dipengaruhi oleh makanan. Hewan akan tumbuh dengan baik jika makanannya sesuai kebutuhannya. Perawatan yang baik juga memengaruhi pertumbuhan hewan peliharaan.

B. Pertumbuhan Tumbuhan
Tumbuhan juga tumbuh seperti halnya hewan. Tumbuhan juga mengalami beberapa perubahan selama masa hidupnya. Tidak hanya hewan, tumbuhan pun mengalami pertumbuhan. Baik itu pertumbuhan besar, tinggi, ataupun kelengkapan bagian tubuhnya. Ada tumbuhan yang berasal dari biji. Contohnya jambu, mangga, manggis dan rambutan. Pertumbuhan tumbuhan dimulai dari biji. Pada awalnya biji akan berkecambah. Kecambah itu akan tumbuh menjadi tumbuhan muda. Selanjutnya, tumbuhan muda tumbuh menjadi dewasa.

Tumbuhan kacang merah dapat tumbuh dari bijinya. Biji yang dapat tumbuh ialah biji yang
tua. Tandanya, biji sudah mulai kering dan agak keras. Biji tersebut disimpan di tanah. Lama kelamaan akan tumbuh akar dan tunas. Akar dan tunas itu disebut kecambah. Akhirnya, batang kacang merah akan bertambah tinggi. Daunnya bertambah lebar dan bertambah jumlahnya. Akarnya bertambah panjang dan bijinya semakin kecil. Tumbuhan kacang merah tumbuh bukan hanya karena ada air. Akan tetapi, karena ada makanan dari biji. Jika biji (makanan cadangan) telah habis tanaman yang tumbuh sudah memiliki daun. Melalui daun, tanaman dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu, masih tetap hidup, meskipun bijinya telah habis. Akar berfungsi untuk menyerap air dari tanah. Akar juga berfungsi untuk menyerap bahan-bahan dari tanah. Air dan bahan-bahan tersebut berguna untuk tumbuh. 

Ada juga tumbuhan yang berasal dari batang. Contohnya pohon singkong. Batang singkong dapat ditanam. Dari batang akan tumbuh tunas. Tunas tumbuh menjadi batang dan daun. Semakin lama batang semakin tinggi. Semakin lama daun bertambah banyak. Akhirnya tumbuhan menjadi besar. Pertumbuhan pada tanaman ditandai oleh batang bertambah tinggi dan besar, daun bertambah banyak dan lebar dan ranting bertambah banyak.Pada saat berkecambah, akar tumbuh dari biji. Selanjutnya, tumbuhlah tunasnya. Tunas itu mengalami pertumbuhan membentuk batang dan daun.

0 komentar:

Post a Comment