Di sekitar kita terdapat banyak tumbuhan. Beberapa tumbuhan memiliki ciri-ciri yang sama. Ada yang bentuk daun dan bunganya sama. Ada juga yang tempat hidupnya sama. Persamaan ciri tersebut dapat digunakan sebagai dasa runtuk menggolongkan tumbuhan. Seperti halnya hewan, tumbuhan juga dapat digolongkan atau dikelompokkan menjadi 6 macam. Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jumlah biji, bentuk bunga tulang daun, sifat batang, dan bentuk akarnya.

1. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Akar
Akar bagi tumbuhan sangatlah penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan
dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Bentuk akar tumbuhan ada dua yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut adalah kumpulan akar-akar berbentuk serabut. Semua akar itu tumbuh dari pangkal batang. Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan berbiji satu. Contoh tumbuhan berakar serabut yaitu rumput, padi, kelapa, dan jagung. Akar tunggang mempunyai bagian akar pokok. Akar pokok itu tumbuh dari pangkal batang. Selanjutnya, dari akar pokok itu, tumbuh cabang-cabang akar. Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan berbiji lebih dari satu. Contoh tumbuhan berakar tunggang yaitu cabai, bayam, wortel, jeruk, dan kacang-kacangan.

2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Sifat Batang
Batang tumbuh di atas permukaan tanah. Batang merupakan tempat melekatnya daun, bunga, dan buah. Berdasarkan sifatnya, batang dibedakan menjadi tiga sebagai berikut.
a. Batang Basah
Batang basah bersifat lunak dan mengandung air. Batang basah biasanya berwarna hijau, contohnya bayam. Namun, ada pula batang basah yang warnanya ungu kecokelatan, contohnya krokot.
b. Batang Berkayu
Batang berkayu sifatnya keras dan kuat. Tumbuhan yang mempunyai batang berkayu, contohnya mangga.
c. Batang Beruas-ruas
Batang beruas-ruas permukaan batangnya tampak ruas yang melingkari batang. Ruas-ruasbatang ini tersusun dari pangkal batang hingga ujung batang. Tumbuhan yang mempunyai batang beruas-ruas contohnya tebu dan bambu.
3. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Tulang Daunnya
Setiap daun dihubungkan oleh tangkai daun ke batang. Permukaan daun biasanya pipih melebar dan berwarna hijau. Pada permukaan daun terlihat tulang daun yang bentuknya berbeda-beda. Ada tulang daun menyirip, tulang daun melengkung, tulang daun menjari, dan tulang daun sejajar.

a. Tulang Daun Menyirip
Bentuk tulang daun yang menyirip berbentuk seperti sirip ikan. Tumbuhan yang mempunyai tulang daun menyirip antara lain mangga, jambu, dan nangka.
b. Tulang Daun Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis lengkung. Tumbuhan yang mempunyai tulang daun melengkung antara lain genjer, eceng gondok, dan sirih.
c. Tulang Daun Menjari
Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari tangan manusia.
Tumbuhan yang mempunyai tulang daun menjari antara lain ketela pohon, semangka, dan pepaya.
d. Tulang Daun Sejajar
Tulang daun sejajar mempunyai susunan tulang daun yang sejajar.Tumbuhan yang mempunyai tulang daun sejajar antara lain tebu, padi, dan jagung.

4. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Bunga
Bunga merupakan bagian tumbuhan yang paling menarik. Ukuran dan bentuk bunga tumbuhan bermacam-macam. Bunga ada yang berbentuk bulat, berbentuk seperti terompet, kupu-kupu, dan payung. Tumbuhan yang bunganya berbentuk bulat, contohnya putri malu. Tumbuhan yang bunganya berbentuk seperti terompet, contohnya lili dan kecubung. Tumbuhan yang bunganya berbentuk seperti kupu-kupu, contohnya kecipir. Tumbuhan yang bunganya berbentuk seperti payung, contohnya bunga tapak dara

5. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Jumlah Biji dalam Buah
Biji adalah bagian tumbuhan yang apabila ditanam akan menghasilkan tumbuhan baru. Biji biasanya terletak di dalam daging buah. Belahlah buah pepaya, kamu akan melihat biji di dalamnya. Namun ada juga biji yang tidak dilindungi daging buah, contohnya biji kacang tanah. Berdasarkan jumlah biji dalam buah, tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu tumbuhan berbiji satu dan tumbuhan berbiji lebih dari satu. Tumbuhan berbiji satu contohnya lengkeng, rambutan, dan alpukat. Tumbuhan berbiji lebih dari satu contohnya pepaya, kacang, dan jambu biji.

6. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya
Tumbuhan ada yang hidup di darat, menempel pada batang pohon, dan di air. Tumbuhan yang hidupnya di darat disebut tumbuhan darat. Sementara itu, tumbuhan yang hidup di air disebut tumbuhan air. Tumbuhan darat contohnya keladi dan kaktus. Keladi lebih cocok hidup di tanah yang lembap atau basah. Kaktus lebih cocok hidup di tanah kering. Tumbuhan yang menempel pada batang pohon, contohnya tumbuhan paku dan anggrek. Tumbuhan yang hidup di air, contohnya genjer dan teratai.

0 komentar:

Post a Comment