Penggolongan Hewan. Jenis hewan sangat banyak memiliki keanekaragaman yang hampir tidak terbatas. Hal itu dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna tubuh, ukuran tubuh, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi, tingkah laku, penampilan, habitat, dan sebagainya. Untuk mempermudah dalam mempelajari dan mengenal berjuta-juta jenis makhluk hidup, para ilmuwan menerapkan sistem tertentu, yaitu dengan menggunakan penggolongan hewan. Manusia melakukan penggolongan hewan dengan alasan tertentu. Salah satu alasannya agar hewan-hewan tersebut mudah dipelajari. Dasar yang digunakan untuk menggolongkan hewan yaitu persamaan ciri-ciri. Penggolongan hewan dapat dilakukan dengan membedakannya berdasarkan tempat hidup, cara bergerak, cara berkembang biak, jenis makananya dan penutup tubuhnya.

1. Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya
Tempat hidup hewan berbeda-beda. Hewan ada yang hidup di darat, ada pula yang hidup di air. Bahkan ada hewan yang hidup di darat dan air. Untuk memudahkan penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dibagi menjadi tiga, antara lain.
  • Hewan DaratHewan darat adalah hewan yang hidup di darat. Hewan darat banyak macamnya. Ada burung, sapi, kambing, dan harimau.
  • Hewan AirHewan air adalah hewan yang hidup di air. Kelompok hewan ini masih dibedakan menjadi hewan air tawar dan hewan air laut. Hewan air tawar biasa hidup di kolam, sungai, atau danau. Contoh hewan air tawar yaitu ikan gurami, ketam, ikan mujair, dan lele. Sementara itu, hewan air laut biasa hidup di laut. Contohnya kuda laut, ikan kakap, dan gurita.
  • Hewan Darat dan AirHewan jenis ini dapat hidup di dua tempat, yaitu di darat dan air. Hewan seperti ini disebut amphibi. Contoh hewan amfibi yaitu katak. Katak ini saat masih berudu hidup di air. Setelah itu, saat dewasa katak lebih banyak hidup di darat.
2. Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya
Hewan menyukai jenis makanan tertentu. Ada hewan yang makanannya berupa daun-daun. Daun-daun ini berasal dari tumbuhan. Ada hewan yang makanannya berupa daging atau hewan lain. Ada pula hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan dan hewan.




a. Hewan Herbivora
Herbivora adalah kelompok hewan yang makanannya berupa tumbuh-tumbuhan. Kelompok hewan ini mempunyai gigi seri yang berukuran besar. Gigi-gigi ini berguna untuk mengunyah makanan. Contoh herbivora yaitu kambing, sapi, kuda, gajah, kelinci, badak, tapir, babi, dan kerbau.
b. Hewan Karnivora
Karnivora adalah kelompok hewan yang makanannya berupa hewan. Kelompok hewan ini mempunyai gigi taring yang kuat. Gigi taring digunakan untuk mengoyak daging hewan yang menjadi makanannya. Contoh karnivora yaitu harimau, singa, kucing, anjing, dan srigala.
c. Hewan Omnivora
Omnivora adalah kelompok hewan yang makanannya bisa tumbuhan maupun hewan. Contoh hewan kelompok ini yaitu tikus dan ayam. Ayam memakan biji-bijian. Ayam juga memakan cacing tanah dan serangga kecil. Dengan demikian, ayam termasuk hewan omnivora. Selain ayam hewan pemakan tumbuhan dan hewan yang lain adalah tikus.

3. Penggolongan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya
Penutup tubuh hewan bermacam-macam. Ada hewan yang penutup tubuhnya berupa sisik. Ada pula hewan yang penutup tubuhnya berupa bulu-bulu. Selain sisik dan bulu, ada juga hewan yang penutup tubuhnya berupa rambut. Berdasarkan penutup tubuhnya hewan digolongkan menjadi tiga golongan, antara lain.
a. Hewan Berisisik
Golongan hewan ini seluruh tubuhnya ditutupi oleh sisik. Contoh hewan bersisik yaitu ikan, ular, dan kadal. Sisik ular dan kadal tampak lebih keras daripada sisik ikan.
b. Hewan Berbulu
Golongan hewan ini seluruh tubuhnya tertutupi oleh bulu. Contoh hewan berbulu yaitu ayam, itik, entok, dan burung. Bulu pada hewan ini berfungsi menjaga suhu tubuh.
c. Hewan Berambut
Golongan hewan ini seluruh tubuhnya tertutupi oleh rambut. Rambut tumbuh lebat di seluruh tubuhnya. Contoh hewan berambut yaitu kucing, beruang, dan monyet.

4. Penggolongan Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya
Hewan dapat berkembang biak dengan beberapa cara. Cara bergerak hewan dapat digunakan sebagai dasar penggolongan hewan. Berdasarkan cara bergeraknya hewan digolongkan menjai lima golongan yaitu melompat, berenang, terbang, melata, dan berjalan atau berlari.
a. Hewan yang Bergerak dengan Melompat
Kelompok hewan ini bergerak dengan melompat. Contohnya katak, kanguru, dan kelinci. Hewan ini melompat menggunakan dua kaki belakangnya.
b. Hewan yang Bergerak dengan Berenang
Kelompok hewan yang berenang hidup di air. Hewan ini berenang menggunakan sirip. Sirip ikan banyak macamnya. Ada sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor. Contohhewan yang berenang yaitu ikan.
c. Hewan yang Bergerak dengan Terbang
Kelompok hewan ini bergerak menggunakan sayap. Contoh hewan dalam kelompok ini yaitu burung, kupu-kupu, dan serangga bersayap.
d. Hewan yang Bergerak dengan Melata
Kelompok hewan ini bergerak menggunakan tubuhnya. Ada juga yang bergerak dengan kakinya. Namun, kakinya sangat pendek dan hampir menyentuh tanah. Oleh karena itu, hewan ini disebut hewan melata. Contoh hewan melata yaitu komodo, kadal,
buaya, dan ular.
e. Hewan yang Bergerak dengan Berjalan atau Berlari
Kelompok hewan ini bergerak dengan kaki.Kakinya panjang sehingga dapat digunakan untuk berjalan dan berlari. Contoh hewan dalam kelompok ini yaitu kucing, kuda, dan sapi.

5. Penggolongan Hewan Berdasarkan Cara Perkembangbiakannya
Berdasarkan cara perkembangbiakannya hewan dikelompokkan sebagai menjadi tiga
golongan yaitu hewan bertelur, hewan beranak (melahirkan), dan bertelur dan melahirkan.
a. Hewan Bertelur (Ovipar)
Kelompok hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Telur - telur tersebut nantinya setelah menetas akan menjadi hewan baru. Hewan yang berkembang biak dengan bertelur banyak macamnya. Contoh ovipar yaitu penyu, ayam, itik, dan ikan.
b. Hewan Beranak (Vivipar)
Kelompok hewan ini berkembang biak dengan cara beranak. Ciri hewan beranak yaitu induknya mengalami proses melahirkan. Contoh hewan yang beranak yaitu sapi, kambing, kerbau, kuda, gajah, kelinci, tikus, dan kucing. Hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak biasanya disebut hewan mamalia.
c. Hewan Bertelur dan Beranak (Ovovivipar)
Kelompok hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Proses bertelur dan beranak berlangsung secara berurutan. Contoh hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan beranak yaitu ular

0 komentar:

Post a Comment