Membuat Boneka. Membuat boneka merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tidak memerlukan biaya mahal. Kain perca dan bahan-bahan tidak terpakai seperti botol, kardus, kelobot jagung, benang wol, dan cangkang telur dapat dibuat menjadi boneka cantik. Kain perca adalah kain sisa dari berbagai penjahit atau tekstil yang merupakan potongan-potongan yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi seorang pengrajin yang kreatif memanfaatkannya untuk inspirasi bisnis menghasilkan dengan kain perca tersebut. Dengan membuat boneka ini berarti kita telah memanfaatkan barang-barang bekas menjadi benda atau barang yang berguna. Kain perca sering kali kita buang percuma. mungkin paling hanya bisa kita gunakan sebagai kain lap. Tapi sebenarnya kalau kita tahu pemanfaatannya,kita bisa menggunakan untuk banyak hal yang mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dari pada sekedar menjadi alat pembersih . Cara membuat boneka dari kain perca adalah sebagai berikut.

1. Membuat Rancangan Boneka
Untuk membuat boneka langkah pertama adalah membuat rancangan boneka tersebut. Rancangan boneka berupa sketsa bentuk boneka yang akan dibuat. Akan lebih baik lagi jika
sketsa boneka disertai ke terangan jenis-jenis bahan yang akan digunakan seperti gambar berikut.
  1. kepala boneka dari cangkang telur;
  2. rambut boneka dari benang wol;
  3. pita berenda;
  4. gaun atas dari kain perca bermotif/brokat;
  5. lengan baju dari kain perca;
  6. tangan boneka dari kertas manila;
  7. badan boneka dari kertas karton;
  8. tangkai penopang kepala dari gulungan kertas manila;
  9. gaun bawah dari kain putih polos;
Limbah kain perca yang merupakan hasil buangan yang berupa sampah biasanya banyak ditemui pada industri garmen, sebenarnya masih bisa dimanfaatkan asalkan memiliki ide yang kreatif. Memang pada umumnya limbah kain perca masih bisa dimanfaatkan untuk membuat lap atau kain pel yang tidak memiliki nilai jual, namun dengan sedikit ide kreatif kain perca yang semula tidak bernilai akan memiliki nilai jual apabila digunakan untuk pembuatan kerajinan. Memanfaatkan kain perca menjadi boneka lucu barangkali merupakan salah satu cara memanfaatkan barang bekas.

2. Membuat Boneka Sesuai Rancangan
Siapkan bahan dan alat. Bahan dan alat yang kamu butuhkan yaitu kain polos, kain perca bermotif, renda, pita, jarum, dan benang jahit, benang wol, gulungan kertas karton, lem, cangkang telur, gulungan kertas manila, dan gunting. Gunting-guntinglah benang wol. Panjang dan banyaknya sesuai keinginanmu. Jadikan satuguntingan-guntingan benang wol tersebut. Ikat tepat di bagian tengahnya. Siapkan juga cangkang telur yang telah dibuang isinya. Olesi bagian atasnya dengan lem. Rekatkan benang wol pada cangkang telur. Bagilah rambut boneka menjadi dua kemudian ikat dengan pita. Selanjutnya, lukislah wajah pada permukaan cangkang dengan spidol.

Buatlah gulungan kertas berbentuk kerucut terpotong dengan tinggi 20 cm. Sediakan juga
tiga potong kain putih polos yang masing-masing berukuran 20 cm × 20 cm. Buatlah lubang pada ketiga potong kain tersebut tepat di tengah-tengahnya. Masukkan ketiga potong kain yang telah diberi lubang tersebut pada tabung kertas secara bersusun. Rapikan susunannya kemudian jahitlah sekelilingnya untuk mempertahankan bentuk gaun

Ambil kain dengan jenis bahan atau corak yang berbeda. Lilitkan kain tersebut tepat pada
bagian tabung yang belum terlilit kain. Usahakan lilitannya dapat membentuk baju. Rapikan lilitannya, kemudian jahitlah. Untuk mempercantik gaun boneka, kamu boleh menambahkan renda atau pita. Buatlah tabung kecil dengan panjang 24 cm dan diameter ± 0,75 cm. Masukkan tabung tersebut ke dalam lubangbagian bawah kepala boneka. Masukkan dengan hatihati. Rekat kan tabung kertas tersebut pada dinding tabung karton yang menjadi badan boneka. Gunakan lem atau selotif.

Langkah selanjutnya membuat tangan boneka. Siapkan kertas manila dan kain dengan jenis
bahan atau corak yang sama dengan jenis kain untuk baju. Buatlah gambar tangan dengan ukuran menyesuaikan boneka. Bungkuslah bentuk tangan dengan kain sehingga mem bentuk lengan baju panjang. Jahitlah dengan rapi. Jahitkan tangan pada sisi samping boneka. Boneka yang telah jadi dapat digunakan sebagai hiasan meja.

Memanfaatkan barang-barang bekas atau membuat keterampilan dari barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai tentu merupakan pekerjaan yang mulia. Sebab disamping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan. Seperti banjir, bila semua sampah dimanfaatkan, tidak dibuang sembarang. Tentu banjir akan malas untuk datang. Bila banjir pun datang, mungkin ada faktor-faktor lain seperti halnya banyaknya pohon-pohon yang ditebang atau dangkalnya sungai.

Menyulap sampah atau barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai juga dapat dijadikan bisnis yang amat sangat menguntungkan. Ya, lihat saja sosok Dewi Tanjung Sari yang sukses akan bisnis souvenir pernikahan. Souvenir yang diciptakannya juga sangatlah unik dan kreatif. Sebab dia menciptakan souvenir tersebut dari barang-barang bekas, kain-kain bekas serta limbah-limbah daun.

0 komentar:

Post a Comment