Ciri Makhluk Hidup. Di sekitar kita terdapat makhluk hidup dan makhluk tidak hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu. Salah satu cirinya yaitu memerlukan makanan. Selain itu, makhluk hidup juga memiliki ciri-ciri yang lain. Ciri makhluk hidup antara lain : bergerak, tumbuh, berkembangbiak, dan bernapas. Manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk makhluk hidup. Oleh karena itu, manusia, hewan, dan tumbuhan mempunyai ciri-ciri yang sama.  
a. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan
Makanan diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan digunakan tubuh untuk
menghasilkan tenaga. Tenaga itulah yang diperlukan makhluk hidup untuk melakukan kegiatan.  Setiap makhluk hidup makanannya tertentu. Sebagai contoh makanan
manusia ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula makanan yang berasal dari hewan. Makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, telur, maupun susu. Makanan yang berasal dari tumbuhan misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Hewan juga memerlukan makanan. Ada hewan yang makanannya berupa tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan misalnya kambing, sapi, kelinci, dan kerbau. Ada hewan yang makanannya berupa daging atau hewan lain. Hewan pemakan daging misalnya harimau, kucing, dan singa. Ada juga hewan yang makanannya berupa tumbuhan dan hewan lain, misalnya ayam dan tikus.

Tumbuhan juga memerlukan makanan. Namun, cara makan tumbuhan berbeda dengan manusia dan hewan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Saat membuat makanan tumbuhan memerlukan cahaya, karbon dioksida, dan air. Cahaya dapat diperoleh dari matahari. Cahaya ini ditangkap oleh klorofil yang terdapat di dalam daun. Sementara itu, karbon dioksida diperoleh dari udara bebas. Air dan garam mineral diserap oleh akar dari dalam tanah. Tumbuhan membuat makanan melalui proses fotosintesis.
b. Makhluk Hidup Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagian tubuhnya. Contohnya gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga. Setiap makhluk hidup dapat bergerak. Setiap makhluk memiliki alat gerak tertentu.

Manusia dapat berlari dan berjalan menggunakan kaki. Manusia dapat bergerak dan berpindah tempat. Sementara itu, ada hewan yang dapat berjalan, berlari, melompat, terbang, bahkan berenang. Alat gerak hewan dapat berupa kaki, sayap, sirip, atau juga tubuh.

Tumbuhan juga bergerak, tetapi tidak dapat berpindah tempat. Tumbuhan bergerak karena pengaruh rangsang. Rangsang yang dimaksud dapat berupa air, sinar matahari, panas, atau sentuhan. Misalnya, daun putri malu mengatup jika disentuh. Daun putri malu akan membuka kembali setelah beberapa saat.
c. Makhluk Hidup Tumbuh
Setiap makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan. Lihatlah fotomu saat masih bayi!
Bandingkan dengan tubuhmu saat ini! Tentu sangat berbeda. Saat masih bayi, tubuhmu masih kecil. Sekarang, tubuhmu sudah tumbuh menjadi besar. Berat dan tinggi badanmu juga bertambah Bertambahnya berat dan tinggi badan menunjukkan adanya pertumbuhan

Hewan juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan hewan ada yang dimulai dari telur, misalnya ayam. Telur ayam menetas menghasilkan anak ayam. Anak ayam itu masih kecil. Bulu-bulunya masih halus. Beberapa waktu kemudian anak ayam tumbuh menjadi besar. Bulu-bulunya semakin tebal. Akhirnya, tumbuh menjadi ayam dewasa. Kucing juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan kucing dimulai dari anak kucing. Anak kucing ukuran tubuhnya masih kecil. Setelah beberapa waktu, anak kucing akan tumbuh menjadi kucing dewasa

Tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Misalnya, pertumbuhan pada biji kacang hijau. Pertumbuhan pada biji kacang hijau ditandai dengan bertambah tingginya batang tanaman. Selain itu, juga ditandai jumlah daun yang bertambah banyak. Perhatikan gambar berikut!
d. Makhluk Hidup Berkembang Biak
Setelah dewasa, makhluk hidup berkembang biak. Makhluk hidup berkembang biak untuk
menghasilkan keturunan. Tujuan makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Setiap jenis makhluk hidup berkembang biak dengan cara tertentu

Hewan berkembang biak dengan bertelur atau melahirkan anak. Ayam dan itik berkembang biak dengan bertelur. Kambing dan sapi berkembang biak dengan melahirkan anak.

Tumbuhan berkembang biak dengan berbagai cara. Ada yang secara alami dan secara buatan. Tumbuhan berkembang biak secara alami dengan biji dan tunas. Secara buatan, tumbuhan dikembangbiakkan dengan setek, cangkok, dan runduk.
e. Makhluk Hidup Bernapas
Setiap makhluk hidup selalu bernapas. Makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup jika tidak bernapas. Pada saat bernapas, makhluk hidup menghirup gas oksigen dari udara. Selanjutnya, mengembuskan gas karbon dioksida ke lingkungannya. Setiap makhluk hidup memiliki alat pernapasan. Manusia bernapas menggunakan paru-paru. Sementara itu, alat pernapasan hewan berbedabeda. Simak contoh hewan dan alat pernapasannya berikut.
1) Ikan bernapas menggunakan insang.2) Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru.3) Hewan menyusui seperti kucing dan kambing bernapas menggunakan paru-paru.4) Cacing bernapas menggunakan permukaan kulitnya.
Tumbuhan juga perlu bernapas. Tumbuhan bernapas melalui lubanglubang di permukaan tubuhnya. Misalnya, mulut daun dan pori-pori batang. Pori-pori batang disebut lentisel.

0 komentar:

Post a Comment