Pecahan Senilai. Pecahan senilai biasa disebut juga pecahan ekivalen. Pengertian dari pecahan senilai dapat kita gambarkan dengan cerita berikut ini. Ibu Luna membuat sebuah roti yang besar, sebagian roti tersebut kemudian dipotong dan dibagikan kepada semua anggota keluarganya yang terdiri atas empat orang. 1/8 bagian diberikan kepada Linda, 1/8 bagian yang lain diberikan kepada Lusi, adik Linda, ayah dan ibu Linda juga masing-masing
mendapat 1/8 bagian. 

Sisa roti yang belum dipotong, seperti yang terlihat pada gambar, tinggal 1/2 bagian dari besar roti mula-mula. Dapat dilihat pada gambar, jika semua roti yang sudah dipotong disatukan, besarnya sama dengan sisa puding yang belum dipotong.

Untuk memberikan pemahaman tentang pecahan senilai dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggunakan peragaan kertas, garis bilangan pecahan, dan dengan tabel pecahan.

a. Peragaan dengan kertas
Misal kita akan menunjukkan contoh bahwa 1/2 = 2/4 = 4/8 dengan menggunakan 3 lembar kertas yang berbentuk persegipanjang. Anggap selembar kertas itu sebagai 1 bagian utuh. Satu lembar kertas dilipat menjadi 2 bagian yang sama, setiap bagian mewakili bilangan 1/2. Kemudian 1 lembar yang lain dilipat menjadi 2 bagian yang sama, sehingga bagian yang
mewakili 1/2 tadi menjadi 2/4. Bila digambarkan lipatan-lipatan tersebut sebagai berikut.
Pada gambar di atas tampak jelas bahwa 1/2 senilai dengan 2/4 dan 4/8, sehingga 1/2 =2/4 = 4/8
b. Peragaan dengan garis bilangan
Pecahan senilai dapat pula ditunjukkan dengan menggunakan alat peraga garis bilangan. Berikut ini ditunjukkan beberapa pecahan senilai dengan menggunakan garis bilangan, yang digambarkan pada kertas berpetak.
c. Peragaan dengan tabel pecahan
Pecahan yang senilai dengan 1/4 dapat diperoleh dengan cara mengubah pecahan 1/4 menjadi 2/8, 3/12 dan seterusnya. Untuk mempermudah perluasan pecahan ini dapat digunakan media tabel perkalian.
Kegiatan dilanjutkan untuk mencari pecahan-pecahan senilai yang lain. Dari peragaan dapat disimpulkan bahwa untuk mencari pecahan yang senilai dapat dilakukan dengan cara mengalikan/membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama, tetapi tidak nol.
Kesimpulan : pecahan senilai dapat dicari dengan cara mengalikan/membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama

0 komentar:

Post a Comment